Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Oleh Guru dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Siswa
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pentingnya penggunaan media pembelajaran oleh guru dan juga dampaknya terhadap hasil belajar siswa kelas 4 di MIN 21 Jakarta Timur pada materi Bangun Datar. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif sederhana dengan melakukan wawancara semi terstruktur dengan guru kelas 4 MIN 21 Jakarta, yaitu Bapak Rusdi, S. Sos. I. Hasil dan pembahasan penelitian ini meliputi materi mata pelajaran Matematika yang sulit diterima oleh siswa, solusi yang sudah diterapkan oleh guru kepada siswa, hasil belajar materi bangun datar siswa kelas 4 MIN 21 Jakarta Timur, serta hal-hal yang harus ditingkatkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Matematika di kelas 4 MIN 21 Jakarta Timur saat ini menggunakan metode Think-Pair-Share, yaitu suatu model pembelajaran kooperatif yang memberi siswa waktu untuk berpikir dan merespons serta saling bantu satu sama lain (Shoimin, A, 2018:208). Adapun media pembelajaran yang digunakan saat ini adalah video pembelajaran dan juga alat peraga. Guru melibatkan siswa untuk membuat alat peraga yang berhubungan dengan materi yang dipelajari, seperti bangun datar dengan membawa origami dan juga kertas karton. Selain itu juga terdapat keterlibatan faktor internal dan eksternal dalam hal kegiatan belajar siswa di kelas.
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.