Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan
Sari
This study aims to analyze the errors of grade VIII students in solving number counting operation problems at the Junior High School. This study used a descriptive method with interview techniques and written tests. The needs analysis was carried out to experts, namely two teachers of SMPN 5 Depok in the field of mathematics studies. Based on the results of interviews with experts, it was found that there were still weaknesses faced by some grade VIII students at SMPN 5 Depok in solving number counting operation problems. This prompted researchers to conduct further researchon several grade VIII students at SMPN 5 Depok using a written test. With this research, it’s expected to provide opportunities to conduct further research with the aim of developing learning tools, including learning methods, learning media, and learning evaluation tools. Thus, students can master number counting operations so that more complex mathematical problems can be solved.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan tingkat Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik wawancara dan tes tertulis. Analisis kebutuhan dilakukan kepada para pakar, yaitu dua guru SMPN 5 Depok di bidang studi matematika. Berdasarkan hasil wawancara dengan para pakar, ditemukan bahwa masih terdapat kelemahan yang dihadapi beberapa siswa kelas VIII di SMPN 5 Depok dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian lebih lanjut kepada beberapa siswa kelas VIII di SMPN 5 Depok menggunakan tes tertulis. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberi peluang untuk melakukan penelitian lanjutan dengan tujuan pengembangan perangkat pembelajaran, termasuk metode pembelajaran, media pembelajaran, dan alat evaluasi pembelajaran. Dengan demikian, siswa dapat menguasai operasi hitung bilangan sehingga persoalan matematika yang lebih kompleks dapat teratasi.
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.