Perkembangan Kognitif Dan Kaitannya Dengan Prestasi Siswa Kelas XII SMAS Pusaka 1

Puteri Syahfitri Auliyah, Muhammad ivan Noor Salim, Ikhtiar Saputra Aksan, Aristo Froditus Raja, Restu Adhitama Putra, Yogi Wiratomo

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kognitif serta kaitannya dengan prestasi siswa kelas XII SMAS PUSAKA 1 tahun ajaran 2022/2023. Dan mengkaji kesesuaian tahap perkembangan kognitif menurut Jean Piaget terhadap siswa kelas XII SMAS PUSAKA 1, apakah siswa telah mencapai pada tahap penalaran formal, sesuai dengan yang dijelaskan dalam teori Piaget. Subjek dari penelitian ini menggunakan instrument wawancara yang dimana peneliti mengajukan pertanyaan kepada guru tentang perkembangan siswa kelas XII SMAS PUSAKA 1, peneliti mengumpulkan informasi dari guru melalui interaksi verbal yang sebelumnya sudah disiapkan oleh peneliti. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif siswa dapat dikatakan baik. Namun, adanya keragu-raguan yang dialami siswa perlu menjadi tugas bagi seorang guru agar kemampuan kognitif siswa dapat lebih baik lagi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mu'min, S. A. (2013). Teori perkembangan kognitif jean piaget. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 89-99.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37-50.

Wahid, A. (2018). Jurnal Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2).

Zakiah, Fikratul, K. (2019). Pengaruh Kemampuan Kognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN GUGUS 01 kecamatan Selaparang. 11(1), 85-100.

Erika, N. I., Indah, L., Siti indatul, L. (2018). Hubungan perkembangan kognitif dengan prestasi belajar pada anak usia sekolah di SDN KALIGORO kecamatan kuterjo kabupaten mojokerto.

Tria Suhada, A., Hepsi, N., Zahra, F. A., Zahid Nur, A. A., Riza, N. A., Difa Tri, F. (2023). Analisis perkembangan kognitif siswa SMA pada pembelajaran matematika. 4(1)

Ismiyah, S., Nindiasari, H. (2020). PENDEKATAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA BERDASARKAN TAHAP PERKEMBANGAN KOGNITIF.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.