Penerapan Media Pembelajaran Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Belajar Di SMKN 22 Jakarta
Sari
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik yang mempengaruhi hasil belajar. Oleh karena itu pada penelitian ini ingin mengetahui penggunaan media pembelajaran terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Matematika. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif yaitu quasi eksperiment dengan desain one group pretest-posttest. Sampelnya yaitu peserta didik kelas XI yang berjumlah 36 peserta didik di SMKN 22 Jakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar kognitif, wawancara, dan angket yang dilakukan dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan kepada responden untuk dijawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik diperoleh rata-rata gain ternormalisasi sebesar 0,17. selain itu juga berdasarkan data yang diperoleh sebanyak 81,38% peserta didik merasakan peningkatan dalam minat belajar. Namun ada beberapa peserta didik yang belum bisa mengikuti pembelajaran dengan optimal, ini berkaitan dengan kemampuan IT peserta didik yang masih kurang.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a).
Bungsu, T. K. (2019). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, 382-289.
Chotimah, S. R. (2019). Pengaruh Pendekatan Model-Eliciting Activities Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smp Negeri Di Kota Cimahi. . Journal on Education, 68-77.
Diniyah, A. N. (2018). Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran dan Self Confidence Siswa SMA dalam Materi. Journal on Education, 14-21.
Fatria, F. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Google Drive Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 138-144.
Habibi, A. M. (2018). Pengaruh Minat Belajar Siswa Pada Sejarah Islam Terhadap Prestasi Belajar.
Hake, R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousandstudent survey of mechanics test data for. American Journal of Physics.
M Bernard, T. R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kreatif Siswa Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit Dengan Pendekatan Aplikasi Visual Basic Berbantuan Terbuka Untuk Excel. Konferensi Internasional Pendidikan Matematika dan Sains Universitas Pendidikan Indonesia, 602-607.
Meier, D. (2002). The Accelerated Learning Handbook. Bandung: Mizan Media Utama.
Nisa, A. (2018). Analisis Minat Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Layanan. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 119-130.
Rusmiati, R. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa. Utility: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 21-36.
Shalikhah, N. D. (2016). Pemanfaatan aplikasi Lectora Inspire sebagai media pembelajaran interaktif. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 101-115.
Sobari, F. (2017). engaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Di SMP Negeri 1 Jonggol. Bachelor's thesis, FITK UINJKT.
Sugiono, E. E.-A. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja, Kompetensi, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasaan Kerja Pt. Wibee Indoedu Nusantara (Pustaka Lebah) Di Jakarta. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 718-734.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (kedua). Penerbit Alfabet.
Suhendri, H. (2012). Pengaruh kecerdasan matematis-logis, rasa percaya diri, dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, Vol 10.
Suratman, A. A. (2019). Pembelajaran berbasis TIK terhadap hasil belajar matematika dan motivasi belajar matematika siswa. Jurnal Analisa.
Suratmi, S. (2017). Pengaruh Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Persepsi siswa Terhadap Pelajaran Matematika. . UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.