Eksplorasi Etnomatematika Makanan Tradisional Rengginang Sebagai Media Belajar Matematika Pada Kurikulum Merdeka

Rizki Eka Syahputri

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan hubungan antara matematika dan budaya, khususnya pada kebudayaan masyarakat Sunda, Jawa Barat. Fokus penelitian ini adalah eksplorasi etnomatematika pada makanan tradisional rengginang yang dapat dimanfaatkan sebagai media belajar matematika pada kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah human instrument, di mana peneliti berhubungan langsung dengan penelitian dan berperan sebagai pengumpul data. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengumpulan data penelitian diperoleh beberapa makanan tradisional Sunda, yaitu rengginang, bugis, combro, surabi, gemblong dan masih banyak lagi khususnya yang berbentuk lingkaran. Lebih mendalam lagi peneliti hanya akan mengeksplor makanan tradisional rengginang untuk bahan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa makanan tradisional rengginang tersebut mengandung konsep matematika yaitu geometri khususnya bangun datar. Makanan tradisional rengginang tersebut dapat digunakan sebagai media belajar matematika di sekolah khususnya sekolah dasar dan sekolah menengah. Dengan demikian, pembelajaran matematika akan lebih bermakna karena sumber belajarnya berasal dari lingkungan budaya mereka sendiri.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.