Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman Konsep Matematika

Muhamad Aries

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Hipotesis penelitian yang diuji melipiti: 1) Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap  Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. 2) Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap  Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. 3) Pengaruh Interaktif  Model Pembelajaran dan Kecerdasan Emosional Terhadap  Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen. Populasi adalah peserta didik kelas VII MTs Swasta di Kota Bogor dengan besar sampel sebanyak 80 peserta didik, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling.. Analisis data menggunakan analysis of varians (ANOVA) dua jalur/arah. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika di tingkat MTs/SMP

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andayani, Ermy. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah. Jurnal Universitas Negeri Malang 2013. Diambil dari: http://ejournal.upp.ac.id/index.php/m tkfkip/article/view/1119. (Diunduh pada hari kamis, 19 April 2023).

Elhefni. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Hasil Belajar di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam Vol. 16 No 02 (2011): Ta'dib 2012. Diambil dari: http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.p hp/tadib/article/view/65. (Diunduh pada hari senin, 23 April 2023).

Hadi, Sutarto. Umi Kasum. 2015. Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Pasangan (Pair Checks). Jurnal Pendidikan Matematika Unlam, Vol. 3, Nomor 1, April 2015. Diambil dari: http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.p hp/edumat/article/view/630/538. (Diunduh pada hari senin, 23 April 2023).

Hayat, Asep Bahrul, dkk. 2013. Penerapan Model Numbered Head Together dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, Vol. 1 Nomor 3. Diambil dari: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ MTK/article/view/388/256. (Diunduh pada hari senin, 23 April 2023).

Istiningsih, Galih, dkk. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran “Promister” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Wayang Pandhawa Pada Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD (Holistika) Vol. 2 No. 2 2018. Diambil dari: https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=& ved=2ahUKEwjw2u6c7qH8AhVFgdgFHcuQDog4ChAWegQIFxAB&url=https%3A%2F%2Fjurnal.umj.ac.id%2Findex.php%2Fholistika%2Farticl e%2Fdownload%2F2637%2F2788&usg=AOvVaw10HrFgLiRSzXP1_H_ 34GYS. (Diunduh pada hari senin, 23 April 2023).

Nurzakiaty, Ida. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Pembelajaran Integral di Kelas XII IPA-2 SMA Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal Peluang Unsyah, Vol. 3, No. 2, April 2015. Diambil dari: http://jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/R article/view/5715/4726. (Diunduh pada hari senin, 23 April 2023).

Rofiq, M. Naifur. 2010. Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Falasifa. Vol. 1 No. 1, Maret 2010. Diambil dari: https://jurnalfalasifa.files.wordpress.com/2012/11/m-nafiur-rofiq-pembelajaran-kooperatif- cooperative-learning-dalam- pengajaran-pendidikan-agama- islam.pdf. (Diunduh pada hari senin, 23 April 2023).

Putri, Ayu Tiara, dkk. 2015. Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Unila Vol. 3, No 3 2015. Diambi dari:

http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.ph p/MTK/article/view/8543. (Diunduh pada hari kamis, 19 April 2023).

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.