Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa Pada Pembelajaran di Era Pandemi Ditinjau dari Gaya Belajar

Indah Lestari, Yuan Andinny

Sari


Pembelajaran di era pandemi yang sudah terjadi sejak tahun 2020 telah mengubah proses pembelajaran di Indonesia, pembelajaran yang biasa dilakukan secara tatp muka terpaksa dilakukan secara online atau daring. Agar kegiatan pembelajaran berjalan lancar, kemampuan penalaran matematika mahasiswa perlu ditingkatkan, karena pembelajaran tidak secara lagsung maka mahasiswa harus mampu menelaah dan memahami materi sendiri. Gaya belajar yang berbeda pada setiap mahaiswa tentunya akan mempengaruhi tingkat kemampuan penalaran matematika. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematika dilihat dari gaya belajar mahaisiswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey expose facto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Indraprasta PGRI semester 6 tahun ajaran 2020/2021 mata kuliah statistika matematika. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling diperoleh 2 kelas yaitu kelas R6C dan kelas R6D sebayak 60 mahasiswa. Instrumen test kemampuan penalaran matematika yang diberikan berbentuk uraian sebanyak 5 soal yang telah divalidasi. Data yang diperoleh selanjutnya diuji normalitas dan homogenitasnya, kemudian data dianalisis menggunakan anova satu arah. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa : (1) Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan penalaran matematika pada tiap kelompok gaya belajar; (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan penalaran matematika siswa yang memiliki gaya belajar visual dan siswa dengan gaya belajar auditori

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afiatman, N. H., Samparadja, H., & Anggo, M. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematikaterhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(3), 1–14

ttps://doi.org/10.36709/jppm.v7i3.9277

Afif, A. M. S., Suyitno, H., & Wardono, W. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa dalam Problem Based Learning (PBL). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 328–336.

Azrai, E. P., Ernawati, E., & Sulistianingrum, G. (2017). Pengaruh Gaya Belajar David Kolb (Diverger, Assimilator, Converger, Accommodator) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 9–16. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.10-1.2

Chayono, A. D., & Nuriyatin, S. (2019). Kemampuan Penalaran Matematika Dengan Gaya Belajar VARK. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 58–61. https://doi.org/10.35747/tetha.v1i2.407

Dewi, P. K., Kartika, D. M. R., Mahayukti, G. A., & Arnaputri, G. A. M. (2021). Persepsi Mahasiswa Mengenai Perkuliahan Daring Kalkulus Diferensial Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(1), 86–92. https://doi.org/10.23887/jjpm.v12i1.33466

Khoerunnisa, S. N., Ratnaningsih, N., & Muslim, S. R. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Induktif Matematik Peserta Didik Ditinjau Dari Gaya Belajar Silver Dan Hanson. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME). Afiatman, N. H., Samparadja, H., & Anggo, M. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematikaterhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(3), 1–14. https://doi.org/10.36709/jppm.v7i3.9277

Afif, A. M. S., Suyitno, H., & Wardono, W. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa dalam Problem Based Learning (PBL). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 328–336.

Azrai, E. P., Ernawati, E., & Sulistianingrum, G. (2017). Pengaruh Gaya Belajar David Kolb (Diverger, Assimilator, Converger, Accommodator) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 9–16. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.10-1.2

Chayono, A. D., & Nuriyatin, S. (2019). Kemampuan Penalaran Matematika Dengan Gaya Belajar VARK. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 58–61. https://doi.org/10.35747/tetha.v1i2.407

Dewi, P. K., Kartika, D. M. R., Mahayukti, G. A., & Arnaputri, G. A. M. (2021). Persepsi Mahasiswa Mengenai Perkuliahan Daring Kalkulus Diferensial Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(1), 86–92. https://doi.org/10.23887/jjpm.v12i1.33466

Khoerunnisa, S. N., Ratnaningsih, N., & Muslim, S. R. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Induktif Matematik Peserta Didik Ditinjau Dari Gaya Belajar Silver Dan Hanson. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME). http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jarme/article/view/1314

Marwiyah, S., Pujiastuti, H., & Sukirwan, S. (2020). Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar V-A-K Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 294–307. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3738

Puspita, M. D., Prayito, M., & Sugiyanti, S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Visual. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 141–150. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5776

Afiatman, N. H., Samparadja, H., & Anggo, M. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematikaterhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(3), 1–14. https://doi.org/10.36709/jppm.v7i3.9277

Afif, A. M. S., Suyitno, H., & Wardono, W. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa dalam Problem Based Learning (PBL). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 328–336.

Azrai, E. P., Ernawati, E., & Sulistianingrum, G. (2017). Pengaruh Gaya Belajar David Kolb (Diverger, Assimilator, Converger, Accommodator) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 9–16. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.10-1.2

Chayono, A. D., & Nuriyatin, S. (2019). Kemampuan Penalaran Matematika Dengan Gaya Belajar VARK. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 58–61. https://doi.org/10.35747/tetha.v1i2.407

Dewi, P. K., Kartika, D. M. R., Mahayukti, G. A., & Arnaputri, G. A. M. (2021). Persepsi Mahasiswa Mengenai Perkuliahan Daring Kalkulus Diferensial Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(1), 86–92. https://doi.org/10.23887/jjpm.v12i1.33466

Khoerunnisa, S. N., Ratnaningsih, N., & Muslim, S. R. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Induktif Matematik Peserta Didik Ditinjau Dari Gaya Belajar Silver Dan Hanson. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME). http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jarme/article/view/1314

Marwiyah, S., Pujiastuti, H., & Sukirwan, S. (2020). Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar V-A-K Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 294–307. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3738

Puspita, M. D., Prayito, M., & Sugiyanti, S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Visual. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 141–150. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5776

Rochmad, R. (2008). Penggunaan Pola Pikir Induktif-Deduktif Dalam Pembelajaran Matematika Beracuan Konstruktivisme. http://rochmad-unnes.blogspot.com/2008/01/penggunaan-pola-pikir-induktif-deduktif.html

Tjahjadi, E., Paramita, S., & Salman, D. (2021). Pembelajaran Era Pandemi Covid-19 di Indonesia (Studi terhadap Aplikasi Discord). Koneksi, 5(1), 83–89. https://doi.org/10.24912/kn.v5i1.10165

Ulfa, M. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Mahasiswa Selama Pembelajaran Online. Linier : Journa Of Mathematics Education, 2(2). https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/linear/article/view/3779/2405


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.