Kajian Teoretis: Konsep Penyebutan Angka dalam Bahasa Thailand beserta Pembelajarannya

Andri Suryana, Nurhayati Nurhayati, Abdul Karim

Sari


Konsep angka umumnya diajarkan oleh guru di tingkat Sekolah Dasar. Penyebutan konsep angka berbeda-beda di tiap negara tergantung dengan bahasa yang digunakan.  Sebagai contoh di Negara Thailand, penyebutan  angka umumnya menggunakan Bahasa Thai/Siam. Konsep penyebutan angka dalam Bahasa Thailand berupa notasi angka dan penyebutannya dalam aksara Thailand. Adapun konsep angka yang dikaji meliputi angka satuan, puluhan, ratusan, ribuan, puluhan ribu, ratusan ribu, dan jutaan. Selain itu, dijelaskan pula mengenai alternatif jenis pembelajaran inovatif yang cocok dalam mengajarkan konsep penyebutan angkanya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dewi, N.R. (2017). Peningkatan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi dan self-efficacy mahasiswa melalui brain-based learning berbantuan web. Published Dissertation. Bandung: UPI.

Long, T. (2018). Analisis kontrastif fonologi bahasa thailand dan bahasa indonesia. Makasar: FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.

Maiseng, M. F. (2019). Analisis kontrastif konjungsi bahasa Thai dengan bahasa Indonesia. Medan: UMSU.

Sakulpimolrat, S. (2018). Bahasa thai bahasa sahabatku. Bogor: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud RI.

Sudjarwo (2016). Metode pembelajaran untuk mengenalkan huruf, cara membaca, menulis, dan bilangan bagi anak usia dini. Permata, Edisi Khusus: 59-74.

Suryana, A. (2016). Meningkatkan advanced mathematical thinking dan self-renewal capacity mahasiswa melalui pembelajaran model PACE. Published Dissertation. Bandung: UPI.

Suryana, A. (2022). Peran kemampuan pemecahan masalah matematis dalam mempelajari konsep penentuan nada bahasa Thailand. Prosiding DPNPM 2022, 8(2022): 265-276.

Suryana, A., dkk. (2022). Studi eksplorasi pada nada bahasa Thailand dalam perspektif etnomatematika. JKPM, 7(2): 181-192.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.