Kontribusi Berpikir Fleksibilitas Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Kasih Haryo Basuki, Muhamad Farhan, Sholihudin Sholihudin

Sari


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh langsung berfikir fleksibelitas terhadap kemampuan berfikir kreatif Matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif pada SMPN 2 Tegalsari Tahun 2021/2022. Sampel yang digunakan sebanyak 25 peserta didik kelas VIII dengan teknik pengambilan data menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan penyebaran soal tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana dengan memenuhi uji asumsi prasyarat regresi berupa uji normalitas dan uji linieritas regresi. Hasil Penelitian diperoleh nilai Fh > Ft (44,03 > 4,28) sehingga H0 di tolak, dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan berfikir fleksibelitas (X) terhadap kemampuan berfikir kreatif matematis (Y). Kontribusi pengaruh berfikir fleksibel (X) terhadap kemampuan berfikir kreatif matematis (Y) adalah sebesar  dan 18,8% dipengaruhi oleh variable lain.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardila, A. & Suryo, H. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Mts Iskandar Muda Batam. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 175-186.

Iskandar, J., & Riyanti, R. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY (Pp. 861-866).

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).

Meylinda, D., & Yuliyahya, L. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Fleksibel Matematis Dan Pencapaian Self-Confidence Siswa SMP Melalui Pembelajaran Collaborative Problem Solving. In Prosiding Simantap: Seminar Nasional Matematika Dan Terapan (Pp. 77-84).

Murdana, I. R. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perkembangan Pendidikan. Jurnal Sultra Elementary School, 2(1), 1-8. Https://Doi.Org/10.1234/Jses.V2i1.28

Putri, E., Y., (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMPN 02 Meral Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. (Skripsi). Program Studi Fakultas Ilmu Keguruan Dan Pendidika. Universitas Islam Riau.

Saraswanti, W., O. (2018). Profil Fleksibilitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Berdasarkan Perbedaan Kepribadian. (Skripsi). Program Studi Fakultas Tarbiah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Sugiman. (2010). Fleksibilitas Matematik dalam Pendidikan Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta, 792-798.

Sulistyowati, R. (2020). Satu Pengaruh Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika. (Tesis) Pendidikan Matematika STKIP PGRI. Pacitan.

Suryani, E. (2021). Analisis Pembelajaran Matematika Dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Siswa Madrasah Aliyah Swasta Desa Rantau Rasau. (Skripsi). Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

Yamsy, N. (2021). Fleksibilitas Siswa Madrasah Tsanawiyah Dalam Menyelesaikan Soal Luas Bangun Datar Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. (Skripsi). Program Studi Tadris Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.