Preliminary Stage Pada Desain Buku Pengembangan Media Pembelajaran Sederhana Bagi Guru SMA

Indah Mayang Purnama, Yogi Wiratomo, Abdul Karim

Sari


Penelelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan model Borg (2013), makalah ini  mengkaji pada tahapan preliminary stage yang berfokus kepada valid dalam relevansi isi dan konsistensi.

Pada tahapan ini peneliti melakukan kegiatan pendifinisian produk, analisis kebutuhan, analisis konten dan review literatur. Penelitian ini menghasilkan desain konten buku termasuk didalamnya cara pembuatan media pembelajaran apa saja yang akan dimasukkan kedalam buku hasil pengembangan, hasil analalisis kebutuhan dari guru bidang studi matematika serta hasil analisis konten dari pembahasan matematika yang akan di akamodir dalam buku pembuatan media pembelajaran matematika tersebut.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arda, dkk. 2015.Pengembangan Media pembelajaran interaktif berbasis computer untuk siswa SMP keals VIII. Vol. 3. No.1

Mujadi, Sukani, dan Wiranto. 1995. Desain dan Pembuatan Alat Peraga IPA. Jakarta : Dirjen Dikdasmen, h.6.

Plomp, T. (2013). Educational Design Research: An Introduction. Dalam T. Plomp & N. Nieveen (Penyunting), Educational Design Research. Enschede: Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO)

Pusat Kurikulum. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi – Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika. Jakarta : Balitbang Depdiknas

Watts and Pope. 1989. Thinking About Thinking, Learning About Learning Constructivisme in Physic Education. New York : MacMillan, h.55

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sukayati. 2001. Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (Makalah Pelatihan Supervisi Pengajaran Untuk Sekolah Dasar). Yogyakarta: PPPG Matematika, h.1


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.