Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar

M Tohimin Apriyanto, Sakinah Aliatussa'adah

Sari


Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui pengaruh penggunaan media sosial dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika, 2) mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar matematika, dan 3) mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional dengan analisis korelasi dan regresi ganda. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMPN 1 Sobang, Banten Tahun Pelajaran 2020-2021. Sampel pada penelitian ini berjumlah 32 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik sistematik random sampling. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media sosial dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika secara bersama-sama sebesar 36,6%; 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar matematika sebesar 31,73%; 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian terhadap prestasi belajar matematika sebesar 16%.terhadap prestasi belajar matematika.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achdiyat, M., & Utomo, R., 2017. Kecerdasan Visual-Spasial, Kemampuan Numerik dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 234-245

Afiani, Nur. (2016). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 1-13.

Ayundhaningrum, Yuliana & Roida Siagian. (2017). Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 23-32.

Babari, Yohanes. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Boateng, Raymond Owusu dan Afua Amankwaa. (2016). The impact of social media on instruction in higher education. Handbook of Research on Mobile Devices and Applications in Higher Education Settings, 16(4), 373-401.

Faizi, Rdouan, dkk. (2013). “Exploring the Potential Benefits of Using Social Media in Education”. International Journal of Engineering Pedagogy (iJEP), 3(4), 50-53.

Guy, R. 2012. The use of social media for academic practice: A review of literature. Kentucky Journal of Higher Education Policy and Practice, 1(2), 7.

Hartati, Leny. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 224-235.

Irfan, Muhammad, dkk. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Sosial (Medsos) Secara Positif Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Publikasi Pendidikan, 9(3), 262-272.

Kaplan, Andreas M dan Michael Haenlein. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59-68.

Nurmeilisa, Alin dan Lin Mas Eva. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Ingkuiri dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Jakarta, 1-4. ISBN:978-602-1108-46-8. (26/08/2015).

Nurrahman, Arfatin. (2015). Pengaruh Kecerdasan Logik Matematika dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 107-119.

Rusmiyati, Febti. (2017). Pengaruh Kemandirian Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Metematika Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Rongkop. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 77-86.

Sirait, Erlando Doni. (2016). Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35-43.

Suhendri, Huri dan Tuti Mardalena. (2015). “Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar”. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105-114.

Syahputra, Dedi. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Bimbingan Belajar terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian pada Siswa Sma Melati Perbaungan. Jurnal: At-Tawassuth, 2(2), 368-388.

Tasaik, Hendrik Lempe dan Patma Tuasikal. (2018). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V Sd Inpres Samberpasi. Journal: Metodik Didaktik, 14(1), 45-55.

Wibisono, Taufik dan Yani Sri Mulyani. (2018). Analisis Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Akademik Pelajar Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(1), 1-7.

Yusuf, Ayi Ahmad Maulana. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 124-129.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.