Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan metode survei, dengan teknik pengambilan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 53 siswa. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur efikasi diri dan kemandirian belajar sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematika diukur dengan soal uraian. Hasil penelitian menunjukan (1) terdapat pengaruh signifikan antara efikasi diri dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika (2) terdapat pengaruh signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika (3) terdapat pengaruh signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmadi, & Supriyono. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Aminah, S., Sembiring, M, G., & Prastiti, T, D. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar pada Pembelajaran Blended Problem-Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2773-2787
Andriana, I., & Leonard. (2017). Pengaruh Efikasi Diri Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. 539-548.
Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dedyerianto. (2019). Pengaruh Internet dan Media Sosial Terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan. 12(2), 208-225.
Derniati, R., Roza, Y., & Maimunah. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN 3 Kuantan Singingi. Eksakta: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5(1), 1–12.
Hafifa, S, N., Nurfitriyanti, M., & Nursa’adah, F, P. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. 7, 75-82.
Hendriana., Heris, E, E., Rohaeti, U., & Sumarno. (2017). Hard Skills and Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.
Ihwanudin, M., Purnomo, Mulyatna, S, S., & Kusumaningtyas. (2016). Kontribusi Efikasi Diri Dan Keterampilan Belajar Terhadap Pencapaian Kompetensi Tsm Siswa UPT-PK. Jurnal Pendidikan, 1(1), 2126-2130.
Mayasari., & Rosyana, T. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(10), 82-89.
Murjani. (2022). Prosedur Penelitian Kuantitatif. Jurnal Cross-border. 5(1), 687-173.
Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Pratiwi, D., Suendarti, M., & Hasbullah. (2019). Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. 5(1), 1-14.
Setiawan, W, A., & Anewati, S. (2021). Pengaruh Konsep Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. 7, 381-390.
Somawati, S. (2018). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gender. Jurnal Konseling dan Pendidikan. 6(1), 39-45.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi. (2014). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian, Konsep Statistika Yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.
Wulandari, D., & Sari, N, I. (2019). Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Akutansi di SMK Paskita Global Jakarta. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. 5, 435-446.
Zainuddin. (2013). Kiat Membimbing Siswa untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri dalam Bergaul. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 995-1005.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.