Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VIII Di MTs Attahiriyah Tebet Jakarta Selatan

Ratna Wijayanti, Arif Rahman Hakim

Sari


Penelitian ini dilaksanakan di MTs Attahiriyah Tebet Jakarta Selatan dengan tujuan untuk membuktikan pengaruh kedisiplinan belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survai korelasional analisis regresi sederhana. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTs Attahiriyah Tebet Jakarta Selatan. Populasi terjangkau dalam penelitian ini hanya siswa kelas VIII di MTs Attahiriyah Tebet Jakarta Selatan. Adapun sampel penelitian berjumlah 36 siswa sebagai responden dengan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kedisiplinan belajar dan soal essai kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik analisis data dilakukan dengan uji korelasi dan uji regresi sederhana. Berdasarkan perhitungan data hasil penelitian, diperoleh nilai rhitung = 0,57; rtabel = 0,35 KD = 32,49%; thitung = 3,803; ttabel = 2,042;  Y = 19,25 + 0,43X; Fhitung = 14,29; Ftabel = 4,17. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif signifikan kedisiplinan belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VII di MTs Attahiriyah Tebet Jakarta Selatan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardilla, A. & Hartanto, S. (2017). Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar matematika siswa mts iskandar muda batam. Pythagoras, 6(2), 175–186.

Ayundhaningrum, Y. & Siagian, R. E. F. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 3(1).

Ekawati, S. (2016). Pengaruh kedisiplinan dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Pedagogy, 1(2), 119–130.

Hakim, A. R. (2016). Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Sikap Dan Komitmen Diri Peserta Didik Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2(1), 24–36.

Hamzah, M. A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Press.

Hendriana, H. & Sormarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Hendriana, H. Rohaeti, E. E., & Soemarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Hevriansyah, P. & Megawanti, P (2016). Pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(1), 37–44.

Isnaini, F. & Rifai, M. E. (2012). Strategi Self-Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar. Surabaya: Sindunata.

Kartika, R. W., Megawanti, P., & Hakim, A. R. (2021). Pengaruh adversity quotient dan task commitment terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 206–216.

Pianyta, A. (2016). Pengaruh Kedisiplinan dan Task Commitment Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 80–92.

Putri, A., Iswara, A. D., & Hakim, A. R. (2021). Menumbuhkembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 124–133.

Rusni & Agustan (2018). Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa di sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 1-9.

Supardi, U. S. (2014). Peran kedisiplinan belajar dan kecerdasan matematis logis dalam pembelajaran matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(2), 80–88.

Supardi, U. S. (2016). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication.

Tu’u, T. (2008). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Umayah., Hakim, A. R. & Nurrahmah, A. (2019). Pengaruh Metode Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 85–94.

Zefanya, F. (2018). Pengaruh kecerdasan intrapersonal dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 135–144.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.