Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Matriks Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa

Nurmalasari Nurmalasari, Leny Hartati

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari gaya belajar siswa pada materi matriks di SMK Malausma Majalengka. Teknik sampling yang digunakan yaitu Teknik purposive sampling. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI sebanyak 22 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan, untuk pemeriksaan keabsahan data dari penelitian ini yaitu menggunakan teknik triangulasi. Secara keseluruhan hasil dari penelitian ini dRSProleh kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memiliki gaya belajar visual dapat memenuhi tiga indikator, yaitu, fluency, flexibility, dan elaboration serta fluency, flexibility, dan originality. Siswa yang memiliki gaya belajar auditorial dapat memenuhi tiga dan empat indikator, yaitu, fluency, flexibility, dan elaboration serta fluency, flexibility, originality dan elaboration. Sedangkan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik dapat memenuhi satu indikator, yaitu, fluency.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aprilyani, Nia. & Hakim, Arif Rahman. (2020). Pengaruh Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Statisfaction Berbantu Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 4(1), 61-74.

Ardianik. (2017). Analisis Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Open Endeed Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Surabaya, 805–810.

Hasratuddin. (2010). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (2), 19-33.

Irawan, Deddy. (2015). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian melalui pembelajaran model 4K ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VII. (Skripsi). Sekolah Sarjana, Universitas Negeri Semarang.

Irbah, Dewi Asih., dkk. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari gaya belajar siswa. Media Penelitian Pendidikan. 12(2), 115-127.

Iswanti, Partia, dkk. 2016. Analisis Tingkat Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Dalam Memecahkan Masalah Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar. Kelas X Matematika Ilmu Alam. (Mia) 4 Sma Negeri 2 Sragen. Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(6), 632-640.

Jaya, I Made Laut Mertha. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Quadrant.

Kusnita, Tiyas Heni. (2018). Kemampuan berpikir kreatif berdasarkan gaya belajar pada materi sistem persamaan linier dua variabel siswa kelas VIII A SMPN 2 SUMBER GEMPOL tahun ajaran 2017/2018. (Skripsi). Sekolah Sarjana, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Muthaharah, Yhana Alfianadewi., dkk. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar. JMP (Jurnal Mitra Pendidikan), 2(1), 63-75.

Noer, Sri Hastuti. (2011). Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 104-111.

Permanasari, Vita., Sugiarto, Bambang., & Kurniawati, Ira. (2013). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Matematika Siswa. Pendidikan Matematika Solusi, 1(1), 31–38.

Rahmawati, Firiana. (2013). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Prosiding SEMIRATA 2013, Lampung, 1(1), 225-238.

Richardo, Rino, dkk. (2014). Tingkat kreativitas siswa dalam memecahkan masalah matematika divergen ditinjau dari gaya belajar siswa (studi pada siswa kelas IX MTS Negeri Plupuh Kabupaten Sragen semester gasal tahun pelajaran 2013/ 2014). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(2), 141-151.

Siregar, Nani Restanti. (2017). Presepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa Yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, Semarang, 224-232.

Siswono, Tatag Yuli Eko. 2011. Level of Student’s Creative Thingking in Clasroom Mathematics. 6(7): 548-553. Tersedia di http://www.academicjournals.org/article/article1379767432Siswono.pdf

Sopiany, Hanifah Nurus., & Rahayu, Wida. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa Ditinjau Dari Teori Konstruktivisme Pada Materi Segiempat. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 185-200.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitati kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Tri., dkk. (2019). Pengaruh Kreatifitas Belajar Dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 117-126.

Utami, Adnani Budi., & Niken Titi Pratitis. (2013). Peran kreativitas dalam membentuk strategi coping mahasiswa ditinjau dari tRSP kepribadian dan gaya belajar. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3), 232-247.

Widiastuti, Yeni. & Putri, Ratu Ilma Indra. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Operasi Pecahan Menggunakan Pendekatan Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 13-22.

Winiarsih, Indri, dkk. 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matriks Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1), 139-146.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.