Analisis Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Menggunakan Framwork TIMSS 2019

Tatan Zenal Mutakin, Burhanuddin Tola, Bahrul Hayat

Sari


Penelitian dilatarbelakangi masih rendahnya prestasi matematika siswa Indonesia berdasarkan studi-studi internasional seperti studi Trend in Internasional Mathematics and Science Study (TIMSS). Sejak keikutsertaan dalam studi TIMSS, mulai tahun 1999 – 2015, prestasi siswa Indonesia dalam bidang matematika selalu berada di bawah skor rata-rata internasional (500). Berdasarkan hasil beberapa riset, banyak faktor yang menyebabkan rendahnya prestasi matematika di tingkat dunia, diantaranya belum terbiasanya para siswa mengerjakan soal-soal yang memuat kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTs). Setelah studi TIMSS tahun 2015, bangsa Indonesia sudah tidak ikut serta lagi dalam studi yang dilakukan TIMSS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa sekolah dasar tingkat empat dalam menyelesaikan soal matematika menggunakan framework TIMSS 2019. Metode penelitian mengunakan proses penelitian dan pengembangan (R&D) dengan tahapan; 1) kajian konseptual, 2) pengembangan instrumen, dan 3) pengujian psikometrika. Pengujian psikometrika mengunakan model Rasch dengan bantuan program Winstep 4.4.7. Hasil penelitian menjelaskan; 1) Intrumen tes yang dikembangkan masuk dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan oleh hasil review 9 ahli dan dinyatakan valid secara statistik melalui rumus Aiken, 2) Hasil analisis butir soal yang dikerjakan siswa menjelaskan bahwa abilitas siswa yang menjadi responden penelitian berada pada level sedang dan rendah, dapat menjawab dengan baik soal-soal yang memiliki tingkat kesukaran sedang dan rendah, tetapi belum dapat menjawab soal-soal yang berada pada level tinggi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggoro, Subuh, (2017), Keberhasilan Pendidikan Finlandia https://www.researchgate.net/publication/321696140.

Daut, Siagian Muhammad, (2016), Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika, MES (Journal of Mathematics Education and Science) ISSN: 2528-436, Vol. 2, No. 1.

Detikedu, (2021), Yang Ditunggu, Ini Hasil Lengkap Asesmen Nasional 2021, https://www.detik.com/edu/edutainment/d-6011654/yang-ditunggu-ini-hasil-lengkap-asesmen-nasional-2021.

Fatimaningrum, Arumi Savitri, (2012), Manajemen Kurikulum Pendidikan Dasar di China, Seminar Nasional Diseminasi Shortcourse BERMUTU Dikti, UNY.

Hayat, Bahrul et al, (2015), Benchmark Internasional Mutu Pendidikan, Penerbit: Jakarta : Bumi Aksara, Ed. 1. Cet. 1.

IEA, TIMSS 2019 Mathematics Framework, TIMSS & PIRLS, International Study Center, Lynch Schoo; of Education, BOSTON COLLEGE.

Mutakin, Tatan Zenal & Hakim, Arif Rahman, (2019), Teachers’ Ability in Designing Test Assessments, Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume 512, Proceedings Of The 1st International Conference On Folklore, Language, Education And Exhibition (ICOFLEX 2019).

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016, Standar Penilaian Pendidikan.

Prastyo, Hendri, (2020), Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS, Jurnal Padegogik Volume 3 Issue 2, E – ISSN: 2715-1069.

Priatna, Nanang & Ricky Yuliardi, (2019), Pembelajaran Matematika Untuk Guru SD dan Calon Guru SD, PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Pulungan, Delyanti Azzumarito, (2014), Pengembangan Instrumen Tes Literasi Matematika Model PISA, Journal of Educational Research an Evaluation, JERE 3 (2), UNS, ISSN 2252-6420.

Rapih, Subroto, dan Sutaryadi, (2018), Perspektif Guru Sekolah Dasar terhadap Higher Order Tinking Skills (HOTS): Pemahaman, Penerapan, dan Hambatan, Primiere Educandum, Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, Volume 8(1).

Rohaendi, Sumpena & Nur Indah Laelasari, (2020), Penerapan Teori Piaget dan Vygotsky Ruang Lingkup Bilangan dan Aljabar pada Siswa Mts Plus Karangwangi PRISMA, Volume 9, No. 1, e-ISSN 2614 4611.

Saefullah, (2014), Konsep Pendidikan Jerman dan Australia (Kajian Komparatif dan Aplikatif terhadap Mutu Pendidikan Indonesia), Jurnal Ilmiah PEURADEUN, Vol. II, No. 02, ISSN: 2338-8617.

Setyani et al, (2021), Analisis Sistem Pendidikan di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL): Perspektif Guru, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14 (1), e-ISSN 2599-0691.

Soleha, Tri Asih et al, (2021), Domain Kognitif Soal di Buku Matematika Siswa

Kelas IV Sekolah Dasar, Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 8, No. 1.

Sumintono, Bambang & Widhiarso, Wahyu (2015), Aplikasi Pemodelan Rasch Pada Asesment Pendidikan, Bandung: Trim Komunikasi, Cet I.

Syakrani, Abdul Wahab et al, (2022), Sistem Pendidikan di Negara Singapura, ADIBA: Journal of Education, Vol. 2 No. 4, e-ISSN: 2808-4721.

Tjala, Awaluddin, (2010), Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Hasil-Hasil Studi Internasional. Http://Repository.Ut.Ac.Id/2609/1/Fkip201047.Pdf.

TIMSS 2015, International Results in Mathematics.

TIMSS 2019, Mathematics Framework.

Tola, Burhanudin, (2014), Ramalan Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar, 2nd Internasional Seminar on Quality and Affordable Education ISQAE.

Wijaya, Etistika Yuni, (2016), Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 Universitas Kanjuruhan Malang, Volume 1, ISSN 2528-259X.

Wulandari, Taat, (2015), Kebijakan Pendidikan di Amerika Serikat, ISTORIA, Jurnal Pendidikan dan Sejarah, ISSN: 2015-2150.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.