Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Daring Terhadap Pemahaman Konsep Matematika

Seruni Seruni, Irma Fauziah

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran berbasis daring terhadap pemahaman konsep matematika siswa. pada siswa kelas VIII SMP Syahid 1. Data dalam penelitian ini meliputi data dalam proses pembelajaran dan data hasil tes pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Pre Experiment menggunakan tipe desain one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah 78 siswa kelas VIII  di SMP Syahid 1 Jakarta yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah sampel sebanyak 33 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan terpilih kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis terdiri dari enam butir soal essai yang sudah di uji validasi. Sebelum dilakukan uji hipotesis maka data dilakukan uji persyaratan data yaitu uji norrmalitas dengan menggunakan uji liliefors yang didapat kedua data berdistribusi normal dan uji Homogenitas dengan  menggunakan uji F yang didapat kedua data homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis didapat thitung = 5,2 > ttabel = 1,820 untuk taraf signifikan = 0,05, maka Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis daring terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Acharya, B. R. (2017). Factors affecting difficulties in learning mathematics by mathematics learners. International Journal of Elementary Education, 6(2), 8-15.

Afandi, R. (2013).Implementasi kurikulum 2013 dalam mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia menghadapi “masyarakat ekonomi asean” (asean economic community) pada tahun 2015. Pascasarjana Unesa1 November 2014 ISSN: 2407-1293 Hlm. 109-117.

Artikasari, E. A., & Saefudin, A. A. (2017). Menumbuh Kembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 73-82.

Faizin, R. F. (2020). Pengaruh model pembelajaran e-learning berbasis media aplikasi google meet terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 02 kota Blitar. Sekolah Sarjana, Institut Agama Islam Negeri, Tulungagung.

Hendriana, H. (2012). Pembelajaran matematika humanis dengan metaphorical thinking untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Infinity Journal, 1(1), 90-103.

Indrawati, F., & Hartati, L. (2017). Peran penguasaan dasar matematika dan persepsi mahasiswa terhadap kemampuan pemahaman konsep mata kuliah kalkulus I. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 107–114.

Istiqoma, F. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Di Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Palembang. Sekolah Pascasarjana, UIN Raden Fatah, Palembang.

Nurhayati, T., & Aji, R. H. S. (2020). Emansipasi melawan pandemi global bukti dari Indonesia. Adalah : Buletin Hukum dan Keadilan (ISSN: 2338 4638), 4(1) hlm. 81-92

Setiowati, A. (2016). Sistem Pengambilan Keputusan Penentuan Minat Belajar Matematika Siswa Sma Persada Bandar Lampung Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). PROCIDING KMSI ISSN: 2337-3032, 4(1) hal. 61-67.

Sinaga, D. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik pada pokok bahasan Segitiga kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan TP 2017/2018. Sekolah Sarjana, Universitas HKBP Nommensen, Medan.

Soviawati, E. (2011). Pendekatan matematika realistik (pmr) untuk meningkatkan kemampuan berfikir siswa di tingkat sekolah dasar. Jurnal Edisi Khusus, 2(2), 79-85.

Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017, February). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1 (2) hlm. 605-612.

Wahyuni, V. N. (2021). Efektifitas penggunaan google meet dalam pembelajaran daring terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Al Islam Plus Krian Sidoarjo. Sekolah Sarjana, Universitas Negeri Sunan Ampel, Surabaya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.