Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika

Lin Mas Eva, Mailizar Mailizar, Retno Nengsih

Sari


Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Hipotesis penelitian yang diuji yaitu pengaruh yang signifikan antara disposisi matematis terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Penelitian dilakukan dengan metode korelasional. Populasi adalah siswa kelas XI SMK Pelita di Kota Depok dengan besar sampel sebanyak 30 siswa, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh. Instrumen penelitian ini berupa 26 butir angket disposisi matematis dan 3 soal tes kemampuan berpikir kreatif matematika. Analisis data menggunakan uji thitung, dan terlebih dahulu dilakukan analisis satistik deskriptif dan uji persyaratan data. Untuk uji normalitas menggunakan uji liliefors serta menggunakan uji linearitas regresi. Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan, didapat thitung sebesar 5,753 dan ttabel pada taraf signifikan 5% atau 0,05 untuk uji satu pihak ttabel adalah 1,697. Karena ????ℎ???????????????????? > ???????????????????????? yaitu 5,753 > 1,697 maka H0 ditolak. Dengan demikian hasil uji hipotesis yaitu terdapat pengaruh positif yang signifikan antara disposisi matematis terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifah, D. S., Patmalasari, D., & Nafi'an, M. I. (2018). Tingkat Kreativitas Siswa SD yang Memiliki Disposisi Matematis Rendah Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 7(2), 72. doi:http://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1570

Hakim, A. R. (2019). Menumbuhkembangkan KemampuanDisposisi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika 2019. 5, p. 558. Jakarta: Prosiding DPNPM Unindra 2019. Retrieved from http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/3933

Kusmaryono, I., Suyitno, H., Dwijanto, & Dwidayati, N. (2019). The Effect of Mathematical Disposition on Mathematical Power Formation: Review of Dispositional Mental Functions. International Journal of Instruction, 12(1). Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ1201186

Lestari, L. A., Suharto, & Fatahillah, A. (2016). Analisis Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Materi Integral Tak Tentu Siswa Kelas XII IPA 2 SMAN 4 Jember. Jurnal Edukasi, 3(1), 41. doi:https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i1.4320

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Formatif, 5(1), 15.

Patmalasari, D., Afifah, D. S., & Resbiantoro, G. (2017). Karakteristik Tingkat Kreativitas Siswa yang Memiliki Disposisi Matematis Tinggi dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 31-32. doi:http://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1509

Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Jurnal Refleksi Edukatika, 6(2), 149. doi:https://doi.org/10.24176/re.v6i2.613


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.