Sejarah Matematika: Perkembangan Bilangan Matematika Empiris.
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alhaddad, I. (2015). Perkembangan pembelajaran matematika masa kini. Delta-Pi:Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 13−26. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/141/104
Argaswari, D. P. A. D. (2018). Integrasi sejarah matematika untuk meningkatkan atensi siswa. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 59−65. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/ijome/article/view/950/726
Hasan, T. H. (2005). Perkembangan Sistem Bilangan Pada Masa Sebelum Islam. Kaunia, 1(2), 123−136. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7890/1/TALIB%20HASHIM%20HASAN%20PERKEMBANGAN%20SISTEM%20BILANGAN%20PADA%20MASA%20SEBELUM%20ISLAM.pdf
Hidayat, M., Setiawan, H. R., & Rakhmadi, A. J. (2019). Konsep-konsep matematika oleh ilmuwan muslim. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, Medan 10 Desember 2019, 59−67. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/insis/article/view/4002/pdf_9
Khafifah, K. L., Safitri, L. D., & Yulianasari, D. (2022). Sejarah perkembangan matematika Yunani kuno dan tokoh-tokohnya. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Geometri, Statistika, dan Komputasi SeNa-MaGeStiK 2022. Kabupaten Jember, 15 Agustus 2022, 539−544. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/33550/11705
Lispika. (2022). Sejarah perkembangan matematika dalam dunia pendidikan. Journal Of Arts and Education, 2(2), 23−30. http://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JAE/article/view/67/pdf
Maula, I., Pambudi, A. S., & Rohmah, Z. (2018). Perkembangan matematika dalam sejarah peradaban Islam. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam & Sains, Yogyakarta, 01 Oktober 2018, 115−119. http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/19/19
Nurjanah, D. dkk. (2021). Kontribusi sejarah aljabar Babilonia dan aljabar Arab terhadap berpikir aljabar. Jurnal Analisa, 7(2), 112−123. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/article/view/8231/6531
Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat matematika: Kedudukan, peran, dan persepektif permasalahan dalam pembelajaran matematika. Inovasi Pembangunan – Jurnal Kelitbangan, 10(1), 15−28. https://jurnal.balitbangda.lampungprov.go.id/index.php/jip/article/view/269/193
Saraswati, R. H., dkk. (2020). Integrasi Sejarah Matematika dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Phytagoras. Risenologi (Jurnal Sains, Teknologi, Sosial, Pendidikan, dan Bahasa), 5(1), 9−13. https://ejurnal.kpmunj.org/index.php/risenologi/article/view/59/72
Simanjuntak, J., dkk. (2021). Perkembangan matematika dan pendidikan matematika di Indonesia Berdasarkan Filosofi. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 2(2), 32−39. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/512/222
Umah, U. (2017). Refleksi terhadap meta-isu dalam pembelajaran sejarah matematika dengan tugas proyek. Supremum Journal of Mathematics Education (SJME), 1(1), 18−30. https://journal.unsika.ac.id/index.php/supremum/article/view/553/644
Utami, Y. P., & Ulfa, M. (2021). Pemahaman mahasiswa pendidikan matematika pada perkuliahan daring filsafat dan sejarah matematika. Mathema Journal, 3(2), 82−89. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/1089/627
Wahyu, K., & Mahfudy, S. (2016). Sejarah matematika: Alternatif strategi pembelajaran matematika. BETA: Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 89−110. https://jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/view/6/5
Wulandari, I. A., Budiyono, M., & Abdulah. (2022). Sejarah matematika pada zaman Mesir dan Babilonia. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Geometri, Statistika, dan Komputasi SeNa-MaGeStiK 2022, Kabupaten Jember, 15 Agustus 2022, 426−433. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/33532/11693
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.