Peran Media Pembelajaran Berbasis TIK dalam Meningkatkan Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas

Nur Azizah, Suratno Suratno, Hasti Irawati

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam meningkatkan pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka atau literature review, berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, buku, dan artikel terkait dianalisis secara kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis TIK, seperti aplikasi komputer, multimedia interaktif, dan sumber online, dapat memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran matematika di SMA. Media TIK memungkinkan visualisasi, simulasi, dan eksplorasi konsep-konsep abstrak yang dapat meningkatkan pemahaman siswa, serta mendukung pembelajaran yang berpusat pada siswa, meningkatkan motivasi, dan meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Namun, keberhasilan  penerapan media TIK dalam pembelajaran matematika sangat bergantung pada faktor-faktor seperti kompetensi guru, ketersediaan infrastruktur, dan desain pembelajaran yang tepat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi media pembelajaran berbasis TIK dalam pembelajaran matematika di SMA sangat penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dan memberikan panduan yang efektif  untuk mengoptimalkan pemanfaatan media TIK.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389

Ardiansyah, M., & Septian, A. (2019). Pengembangan Jimath Sebagai Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), 45–52.

Ariani, Y., Johar, R., & Marwan, M. (2019). Penggunaan Software Cabri 3D untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Peluang, 7(2), 11–21. https://doi.org/10.24815/jp.v7i2.13695

Cates, M. (2018). The effect of using Dragonbox on the mathematics teaching efficacy of preservice middle grade teacher. Dissertation: Georgia State University. https://doi.org/10.57709/12606981

Dewi, E. R. (2018). Metode pembelajaran modern dan konvensional pada Sekolah Menengah Atas. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 44–52. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5442

Ellianti, E., Hidayat, M., & Saputra, M. (2015). Peran Technology Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Guru Matematika SMA Labschool Banda Aceh. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala, 81–90.

Elvi, M., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Software Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 80–91. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.80-91

Fauzan, I., Anriani, N., & Sudiana, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Materi Trigonometri Untuk Siswa SMA. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(4), 271–281.

Karim, A., Purnama, I. M., Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2022). Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Educandy. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 4(1), 43–62. http://dx.doi.org/10.29240/ja.v4i1.4402

Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 15–28. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5558

Mahira, T., Salsabila, A., Alia, H., Harwiya, T. A., Suhendri, H., & Mulyatna, F. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 9, 321–328. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/6495

Mulyatna, F., Nurrahmah, A., & Seruni. (2023). PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA DI MGMP MATEMATIKA KOMISARIAT CISARUA. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4, 101–109. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/39357

Mutakin, T. Z., Mulyatna, F., & Hakim, A. R. (2023). Analisis Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar Tingkat Empat pada Materi Bilangan. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(1), 49–58. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.20907

Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran matematika geometri secara realistis dengan GeoGebra. Matematika: Jurnal Teori Dan Terapan Matematika, 16(2), 1–6. https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900

Rafi, I., Nurjannah, F. F., Fabella, I. R., & Andayani, S. (2020). Peluang dan tantangan pengintegrasian learning management system (LMS) dalam pembelajaran matematika di Indonesia. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 229–248. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.229-248

Rusmana, I. M., & Isnaningrum, I. (2015). Efektifitas Penggunaan Media ICT dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3), 198–205. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i3.102

Sari, E. T. Y. (2023). Pengembangan Media Ajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Realistic Mathematics Education Menggunakan ISpring Suite 9. Skripsi: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung. https://repository.unissula.ac.id/31733/

Siew, N. M., Geofrey, J., & Lee, B. N. (2016). Students’ algebraic thinking and attitudes towards algebra: the effects of game-based learning using Dragonbox 12+ App. The Research Journal of Mathematics and Technology, 5(1), 66–79.

Sonia, A., Aminah, M., & Sholihat, M. N. (2023). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Jurnal Pendidikan Matematika Sebelas April, 2(1), 18–27. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/pi-math/article/view/915

Sugiarto, T., Ambiyar, A., Wakhinuddin, W., Purwanto, W., & Saputra, H. D. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Hasil Belajar: Metaanalisis. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 21(1), 128–142. https://doi.org/10.31571/edukasi.v21i1.5419

Sulastri, Y. L., & Ahmatika, D. (2020). Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Model Problem Based Calculus Learning Berbantuan Geogebra. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 42–54. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2254

Sulistyawati, E., & Rahayu, D. S. (2022). Perkuliahan Online: Bagaimana Literasi Digital Calon Guru Matematika Berbantuan Lembar Kerja Etnomatematika dan GeoGebra? INOMATIKA, 4(1), 68–82.

Wahyudi, D. (2019). Pengembangan E-modul Dalam Pembelajaran Matematika SMA Berbasis Android ( Development Of E-Modules In Learning Math High School Android Based). Gauss: Jurnal Pendidikan Matemaika, 02(02), 1–10. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i2.1739

Wangge, M. (2020). Implementasi media pembelajaran berbasis ICT dalam proses pembelajaran matematika di sekolah menengah. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.35508/fractal.v1i1.2793


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.