Pengembangan Metode Pembelajaran Interaktif di Kelas Matematika dengan Memanfaatkan Teknologi Pendidikan

Afif Hendra Widayat, Mutiarazakia Mutiarazakia, Fadhli Darmawan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi metode pembelajaran matematika interaktif melalui pemanfaatan teknologi pendidikan di SMK Global Cendekia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara dan observasi terhadap tiga guru matematika, yaitu Pak Urip, Pak Rizki, dan Ibu Istiqomah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru bervariasi, mulai dari metode ceramah, latihan soal, diskusi, hingga pembelajaran mandiri. Setiap guru memiliki pandangan yang berbeda mengenai penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika, dengan Pak Urip lebih menekankan metode tradisional, Pak Rizki melihat teknologi sebagai pendukung, dan Ibu Istiqomah mendukung penuh penggunaan teknologi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi metode tradisional dan teknologi dalam pembelajaran matematika dapat memberikan pendekatan yang holistik dan efektif bagi siswa, serta meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK Global Cendekia.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amelia, U. (2023). Tantangan pembelajaran era society 5.0 dalam perspektif manajemen pendidikan. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68–82. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415

Anggraini, D. L., Yulianti, M., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran guru dalam mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53

Demmanggasa, Y., Sabilaturrizqi, M., Kasnawati, K., Mardikawati, B., Ramli, A., & Arifin, N. Y. (2023). Digitalisasi pendidikan: akselerasi literasi digital pelajar melalui eksplorasi teknologi pendidikan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 11158–11167. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.22045

Efendi, P. M., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 548–561. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5487

Fahmi, F., Anas, N., Ningsih, R. W., Khairiah, R., & Permana, W. H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Sederhana Sebagai Sumber Belajar. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 57–63. https://doi.org/10.51454/decode.v1i2.17

Firdaus, H., Laensadi, A. M., Matvayodha, G., Siagian, F. N., & Hasanah, I. A. (2022). Analisis evaluasi program Kurikulum 2013 dan urikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 686–692. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5302

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Hilir, A. (2021). Teknologi Pendidikan di Abad Digital (S. Subiyantoro (ed.); 1st ed.). Klaten: Lakeisha.

Iswara, H. S., Ahmadi, F., & Ary, D. Da. (2022). Implementasi Etnomatematika pada Kurikulum Merdeka Melalui Hibriditas Budaya di Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2022, 447–453.

Jasiah, J., Marselus, M., Marjuki, M., Taufiq, A., Berlianti, N. A., Wijayanti, A., Jakob, J. C., Pohan, N., Hamzah, H., & Junaedi, J. (2021). Mahir menguasai PTK (penelitian tindakan kelas) dalam 20 hari. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Karim, A. (2011). Penerapan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Seminar Nasional Matematika Dan Terapan, 32, 29–38.

Karuru, P. (2013). Pentingnya Kajian Pustaka Dalam Penelitian. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.47178/jkip.v2i1.149

Pubian, Y. M., & Herpratiwi, H. (2022). Using The Google Site Media in Learning to Increase The Effectiveness of Learning Participants Education Elementary School. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(01), 163–172. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i01.1693

Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Pembentukan karakter tanggung jawab siswa pada pembelajaran daring melalui implementasi pendidikan karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 110–121. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3150

Sudrajat, K. M., Muhtar, T., & Susilawati, D. (2023). Evaluasi Kurikulum Merdeka Tahun 2022 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 7(3), 771–788. https://doi.org/10.37058/sport.v7i3.8430

Suryana, A. (2012). Kemampuan berpikir matematis tingkat lanjut (advanced mathematical thinking) dalam mata kuliah statistika matematika 1. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 37–48. https://core.ac.uk/download/pdf/11065033.pdf

Susilawati, W. (2016). Analisis Kurikulum dan Sistem Pendidikan Matematika di Korea Selatan. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 7(2), 29–40. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/jip/article/view/72

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar PKn peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41.

Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://doi.org/10.26740/jomp.v1n2.p%25p

Zulaiha, S., Meisin, M., & Meldina, T. (2023). Problematika guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163–177. https://doi.org/10.24042/terampil.v9i2.13974


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.