Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di MA Al-Irsyadiah

Ela Amalia, Lulu Saidah, Wasillah Alfadilah

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa MA Al-Irsyadiyah. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 di kelas XI MA Al-Irsyadiyah dengan sampel 30 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.  Berdasarkan hasil pembahasan diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa di MA Al-Irsyadiyah. Pada pengujian hipotesis menggunakan thitung > ttabel diperoleh bahwa hasil belajar matematika siswa menggunakan metode motivasi terhadap hasil belajar dapat diterima dimana nilai  thitung (8,365) > ttabel (2,048). Dapat disimpulkan bahwa pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 8,365 dan nilai ttabel = 2,048, diambil keputusan bahwa H0 ditolak karena thitung> ttabel artinya ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika kelas XI MA Al-Irsyadiah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad, F. S., & Mulyatna, F. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Kelas VII MTs Fisabilillah. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 51–58.

Albar, M., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2023). Hubungan Matematika dan Filsafat. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1393–1396. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1417

Giriansyah, F. E., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh Kecemasan Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 307–318. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.973

Hakim, A. R., Fadilah, I., & Oktaviana, R. (2021). Pengembangan Alat Peraga Jam Sudut untuk Pembelajaran Matematika pada Materi Sudut di Kelas IV Tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian 2021, 1(1), 1338–1347. http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/298

Mahira, T., Salsabila, A., Alia, H., Harwiya, T. A., Suhendri, H., & Mulyatna, F. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 9, 321–328. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/6495

Mulyatna, F., Jinan, A. Z., Amalina, C. N., Widyawati, E. P., Aprilita, G. A., & Suhendri, H. (2023). DESKRIPSI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 107–118. https://doi.org/10.36526/tr.v7i1.2854

Noto, M. S., Firmasari, S., & Fatchurrohman, M. (2018). Etnomatematika pada sumur purbakala Desa Kaliwadas Cirebon dan kaitannya dengan pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 201–210. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i2.15714

Nurfadilah, A., Hakim, A. R., & Nurropidah, R. (2022). Systematic Literature Review: Pembelajaran Matematika pada Materi Luas dan Keliling Segitiga. POLINOMIAL: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.56916/jp.v1i1.33

Nurliastuti, E., Dewi, N. R., & Priyatno, S. (2018). Penerapan Model PBL Bernuansa Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 99–104. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/19581

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabeta.

Virgana, V., Samin, S., & Ningsih, R. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif dan Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 95. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5330


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.