Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas X SMK Prima Bakti

Vania Utami, Nurfaizah Nurfaizah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika pada materi peluang dapat ditingkatkan dengan model pembelajaran kontekstual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desktiptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMK Prima Bakti dengan sampel sebanyak 36 orang siswa kelas X. Pengukuran tes hasil belajar siswa pada materi peluang Adapun pengukuran non tes dengan lembar aktivitas guru dan siswa selama kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian pada siklus I hasil belajar siswa dengan skor rata – rata 78 dengan ketuntasan klasikal 80% namun peneliti melakukan penelitian siklus II mengalami peningkatan hasil belajar siswa dengan skor rata – rata 86 dengan ketuntasan klasikal 100%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi peluang dapat ditingkatkan dengan model pembelajaran kontekstual.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Lamote, H. (2017). Kesulitan-Kesulitan Guru Matematika Dalam Melaksanakan Pembelajaran 2013 Di Madrasah Aliyah DDI Labiba. Jurnal Al-Ta'dib, 55-72.

Lestari, I., Andinny, Y., & Seruni. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Ditinjau dari Kecerdasan Visual Spasial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 297-304.

Mustamiin, Z. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Untuk Meningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas v SDN 5 Banyumulek Kabupaten Lombok Barat. Visionary (VIS) UNDIKMA , 19 - 27.

Nurkencana, W. S. (1990). Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional .

Rahman. (2020). Strategi Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 42-45.

Rando. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dalam Implementasi Strategi Contextual Teaching Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi pada siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan , 1-12.

Setiawan, P., & Sudana, D. N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 238 - 247.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.