Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division ) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika

Ade Rika Handayani, M. Tohimin Apriyanto, Mashudi Alamsyah

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap pemahaman konsep matematika. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif dengan analisis uji-t yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas (uji chi kuadrat) dan uji Homogenitas (Uji f). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Yappa Depok dengan besar sampel sebanyak 30 siswa yang dilakukan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data pemahaman konsep matematika siswa diperoleh melalui postest setelah dilakukan pembelajaran menggun akan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t  diperoleh thitung = 5,010 dan ttabel = 2,002 karena thitung > ttabel (5,010 > 2,002) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division ( STAD) terhadap pemahaman konsep matematika.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Damayanti, & Apriyanto. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT ( Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) Vol. 02, No. 02 (2017).

Septiani, & Apriyanto. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Tingkat SMP. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) Vol. 05. No. 01 (2019).

Hasibuan, L. R., Julyanti, E., Rahma, I. F., Marsiani. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Siswa. Vol. 7(1): 20 – 25.

Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan STambusai, 2 (4): 777 – 785. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.25

Maulana. (2019), Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment and Satisfaction) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. (Skripsi). Universitas Indraprasta PGRI.

Paskoni, P., Nasution, E. Y. P, & Putri, R. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran di MTs Swasta Lhulo. Nabla Dewantara, 4(2), 30-38. https://doi.org/10.51517/nd.v4i2.134


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.