Analisis Disposisi Matematis Terhadap Pembelajaran Matematika SMP Islam Meranti Jakarta Pusat

Santi Anggraeni, Ratna Dini Damayanti, Savina Almirah Tsany

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan disposisi matematis terhadap pembelajaran matematika siswa di SMP Islam Meranti Jakarta Pusat. Metode yang digunakan pada penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deksriptif. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa SMP Islam Meranti Jakarta Pusat sebanyak 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket disposisi matematis dengan jumlah pertanyaan sebanyak 30 dan mencakup 7 indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase disposisi matematis siswa berada pada kategori sedang yakni sebesar 61,47%. Hal ini menandakan siswa SMP Islam Meranti Jakarta Pusat memiliki tingkat disposisi matematis yang cukup baik namun harus terus ditingkatkan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fairus, F., Fauzi, A., & Sitompul, P. (2023). Analisis kemampuan disposisi matematis pada pembelajaran matematika siswa SMKN 2 Langsa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2382-2390.

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636-646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Oktavianti, M., & Munandar, D. R. (2022). Analisis Disposisi Matematis Siswa Kelas IX SMP Islam Al-Falah Bantargebang Kota Bekasi. Prosiding Sesiomadika, 4(1).

Rindiani, D., Fitriyanti, Rahmantika, L. E., & Oktaviani, R. P. (2023). Analisis Kemandirian Belajar Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPS Amal Mulia 2 Cileungsi. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 389-398.

Rivian, D. E., & Hidayati, N. (2023). Analisis Disposisi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Persamaan Linear Tiga Variabel. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 2(2), 66-75.

Ruslan, Rusli, & Rusdi. (2017). Pengaruh Self-directed Learning dan Disposisi Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mathematics Education, 1(2), 136-142.

Sari, J., & Sutirna. (2021). Analissis Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMPM Negeri 3 Karawang. Maju : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 266-272.

Sari, M., & Hasanudin, C. (2023). Manfaat ilmu matematika bagi peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Seminar Nasional Daring Sinergi (Vol. 1, No. 1, pp. 1906-1912).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.