Pengembangan LKPD dengan Model Discovery Learning pada Materi Peluang Kelas X SMK

Muiz Ghifari

Sari


Hadirnya kurikulum Merdeka Belajar membuat pembelajaran berpusat kepada murid dan guru hanya sebagai fasilitator. Keterlibat peserta didik masih kurang dalam segi keaktifan secara mandiri dan bahkan guru masih menjadi yang utama dalam pembelajaran. Hal ini akan sangat mengurangi kebermaknaan peseta didik dalam menemukan konsep pembelajaran secara mandiri. Penelitian ini mengeksplorasi pengembangan media LKPD yang valid, praktis, dan efektif yang dapat digunakan untuk kebermaknaan dalam menemukan konsep yang dilakukan pembelajaran secara mandiri dan peserta didik dapat memiliki ketuntasan capaian pembelajaran yang baik dari sebelumnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD merupakan media yang sangat valid ditunjukkan dengan nilai 3,52, praktis ditunjukkan dengan nilai 3,12 dan efektif ditunjukkan kriteria hasil baik dengan ketuntasan 83%. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD materi peluang dengan model pembelajaran discovery learning dapat dikatakan valid, efektif, dan praktis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Batanero, C., & Álvarez-Arroyo, R. (2024). Teaching and learning of probability. ZDM - Mathematics Education, 56(1), 5–17. https://doi.org/10.1007/s11858-023-01511-5

Betyka, F., Putra, A., & Erita, S. (2019). Pengembangan lembar aktivitas siswa berbasis penemuan terbimbing pada materi segitiga. Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 179–189.

Choirudin, Anwar, M. S., Azizah, I. N., Wawan, Wahyudi, A., & Khusaini, I. A. (2021). Pengembangan LKPD matematika berbasis kaligrafi dengan pendekatan guided discovery learning. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 52–61.

Damayana, R., Andinasari, & Lusiana. (2019). Peningkatan pemahaman konsep peluang melalui model discovery learning. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(2), 223–232.

Darmawan, H., Simanjorang, M. M., & Nasution, H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis ICT memanfaatkan power point, filmora, whtasapp grup, google classroom, dan google formulir untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 848–858.

Fadillah, A., & Bilda, W. (2019). Pengembangan video pembelajaran matematika berbatuan aplikasi sparkoll videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177–182. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/article/view/1369

Ghifari, M., Salsabila, E., & Aziz, T. A. (2022). Pengembangan video pembelajaran bentuk aljabar dengan pendekatan metaphorical thinking. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1160–1172. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4973

Habaridota, M. L. B. B. (2023). Pengembangan LKPD berbasis kurikulum merdeka dan aplikasi canva for education kelas 4 SD/MI. JOTE, 4(3), 841–851.

Herdiansyah, K. (2018). Pengembangan LKPD berbasis model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Eksponen, 8(1), 25–33.

Lesmana, Y., & Elniati, S. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning pada materi peluang untuk kelas XII SMA/MA. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 9(4), 189–195.

Mutiarahman, W., Edriati, S., & Suryani, M. (2023). Lembar kerja peserta didik berbasis realistic mathematics education pada materi peluang. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 159–170.

Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2020). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis discovery learning. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 3(1), 17–25. https://doi.org/10.31539/judika.v3i1.1242

Putra, A., & Syarifuddin, H. (2018). Analisis kebutuhan pengembangan lembar kerja siswa berbasis penemuan terbimbing kelas VIII sekolah menengah pertama. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 6(1), 39–49. https://doi.org/10.25273/jems.v6i1.5327

Saaroh, F., Hakim, L. El, & Santi, V. M. (2021). Pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing dalam pembelajaran jarak jauh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik SMPN 99 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5.

Sari, D. I., & Hermanto, D. (2017). Development of probabilistic thinking-oriented learning tools for probability materials at junior high school students. AIP Conference Proceedings, 1867. https://doi.org/10.1063/1.4994445

Satiti, W. S., & Lailiyah, S. N. (2020). Kemampuan pemecahan masalah matematika melalui pendekatan pendidikan matematika realistik dan pendekatan penemuan terbimbing berbantuan autograph. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v3i1.483

Satiti, W. S., & Lailiyah, S. N. (2022). Pengembangan LKPD berbasis konteks pribadi pada materi peluang kelas VIII. EDUSCOPE, 08(01), 2502–3985.

Sirad, L. O., & Arbain. (2021). Pengembangan video pembelajaran berbasis geogebra materi bangun ruang sisi datar pada pembelajaran virtual. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 10(4), 2436–2445.

Subakti, D. P., Marzal, J., & Hsb, M. H. E. (2021). Pengembangan E-LKPD berkarakteristik budaya jambi menggunakan model discovery learning berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1249–1264.

Yani, P., Izaati, N., & Liana, M. (2024). Pengembangan LKPD elektronik interaktif berbasis realistic mathematic education pada materi peluang kelas VIII SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(1), 54–66.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.