Bentuk Scaffolding dalam Pembelajaran Teori Peluang: Sebuah Tinjauan Pustaka

Arfatin Nurrahmah, Lin Mas Eva, Maya Nurfitriyanti

Sari


Artikel ini bertujuan untuk menyajikan tinjauan literatur singkat tentang bentuk scaffolding dalam pembelajaran teori peluang. Untuk menjawab pertanyaan penelitian, dilakukan tinjauan pustaka dengan pencarian dan pemilihan artikel yang sistematis. Pencarian dilakukan melalui Science Direct, Education Resource Information Center (ERIC), Springer, dan Google Scholar. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari artikel tentang bentuk scaffolding dalam pembelajaran teori peluang khususnya di tingkat universitas. Metode pengumpulan data adalah dengan membaca artikel terkait, selanjutnya dilakukan identifikasi bentuk scaffolding dalam pembelajaran teori peluang. Hasil identifikasi tersebut kemudian dianalisis melalui proses kategorisasi dan klasifikasi. Untuk data valid yang akan ditriangulasi sumber artikel adalah penulis pertama. Langkah terakhir mendeskripsikan hasil studi pustaka dan menyimpulkan. Studi literatur menunjukan bahwa scaffolding dalam pembelajaran teori peluang terdiri dari beberapa bentuk, antara lain: penggunaan perangkat lunak seperti TinkerPlots (TP), scaffolding berupa “rencana Solusi”, Lembar kerja sebagai “guide”, scaffolding kelompok kecil (SGS-Tool), scaffolding berbasis permainan, dan terakhir enviromental provisions.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.