Pemanfaatan Canva sebagai E-Modul Pembelajaran Matematika terhadap Minat Belajar Peserta Didik

Riendza Wibowo, Susanna Lumbanraja, Ummi Salamah, Nadhira Adinda salsabila

Sari


Dalam menciptakan media pembelajaran berbasis digital pendidik harus kreatif dan inovatif. Media pembelajaran sangatlah diperlukan oleh guru dalam menunjang dan mendukung suatu pengajaran dalam pendidikan. Guru beserta peserta didik dapat memanfaatkan media pembelajaran berbasis online salah satunya adalah canva. Canva merupakan aplikasi berbasis online yang dapat digunakan untuk mendesain media pembelajaran dengan beberapa templat menarik, sajian bentuk, gambar, warna, dan huruf yang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan canva sebagai e-modul pembelajaran matematika terhadap minat belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode literature review. Pengumpulan data dilakukan pada database google scholar untuk mengambil artikel yang relevan. Hasil penelitian ini didapatkan dengan pemanfaatan canva sebagai e-modul dalam pembelajaran matematika lebih menarik, sehingga dapat menumbuhkan minat peserta didik.  

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hanafi, M., dkk. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Upaya Presentasi Siswa SMP Pada Matematika. Media Pendidikan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika.

Irkhamni, I., Izza, A. Z., Salsabila, W. T., & Hidayah, N. (2021). Pemanfaatan canva sebagai e-modul pembelajaran matematika terhadap minat belajar peserta didik. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 2, 127-134.

Irmawati, Baktiar. M., Hutapea, B. (2023). Pemanfaatan E-Modul Berbasis Canva pada Prodi Pendidikan Matematika dalam Proses Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Sains dan Computer.

Kholisah, S., dkk. (2024). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Persamaan Garis Lurus. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 9(1).

Purba, Y. A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2)

Sony Junaedi. 2021. “Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Mahasiswa Pada Mata Kuliah English For” 07: 80–89.

Tambunan, L. O., & Tambunan, J. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Berbantuan Aplikasi Canva pada Materi Grafik Fungsi Eksponen dan Logaritma. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2).

Tambunan, L. O., & Tambunan, J. (2023). Sosialisasi Pembuatan E-Modul pada Pembelajaran Matematika. Journal on Education, 6(1), 5769-5775.

Turnip, R. F., Rufi’i, & Karyono, H. (2021). Pengembangan E-modul Matematika Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 485–498.

Umar, S., Jannah Baturante, N., Rahman, N. A., Ahmar, D. S., Khairun, U., & Tadulako, U. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Praktikum Kimia Ramah Lingkungan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia Siswa. Journal on Teacher Education, 5(1), 218–224


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.