Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI AP SMK Wijaya Kusuma

Mutiara Nurhangesti, Siti Nur Alifiya, Nala Toingah

Sari


Kapasitas siswa untuk mendekati dan menyelesaikan masalah matematika secara terorganisir dan metodis didasarkan pada pemahaman konsepnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana media GeoGebra dapat membantu siswa memahami konsep matematika dan menerapkannya secara analitis. Dalam penelitian ini, strategi deskriptif kualitatif diterapkan. Untuk memperjelas pendekatan analisis data dalam karya ini, digunakan tahapan analisis data model interaktif reduksi data, penyajian data, dan inferensi/verifikasi (menarik kesimpulan) digunakan. untuk menilai pemahaman ide matematika siswa kelas X AP 3 SMK ISLAM WIJAYA KUSUMA materi grafik fungsi kuadrat menggunakan sumber belajar Geogebra untuk tiga puluh siswa. Berdasarkan temuan penelitian, 52% siswa memiliki nilai di bawah 66, sehingga menempatkan mereka pada posisi nilai yang buruk. Berdasarkan analisis data, pemahaman siswa terhadap grafik fungsi kuadrat meningkat setelah menggunakan sumber belajar Geogebra. Salah satu strategi untuk meningkatkan pemahaman ide matematika pada konten grafik fungsi kuadrat adalah dengan menggunakan sumber daya Geogebra.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi problem Solvin Guntuk mengukur Tingkat Kemampuan berpikir Kreatif Matematis siswa. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121–130. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.25

Arikunto, S. (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Aryasuta, I Wayan Eka, I Nengah Suparta & Gede Suweken. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Media Pembelajaran Berbantuan Geogebra Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Tingkat Ketangguhan Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.Volume 3 Nomor 1

Asngari, Dian Romadhoni. 2015. Penggunaan Geogebra dalam Pembelajaran Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas (hlm. 299-302)

Atikasari, Gias & Ary Woro Kurniasih. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi TTW Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII Materi Segitiga. Unnes Journal of Mathematics Education. Volume 4, Nomor 1 (hlm. 86-94).

Calvin, C., & Sukendro, G. G. (2019). Gaya Hidup Dan Kreativitas (studi Deskriptif Kualitatif Pada Anton Ismael). Koneksi, 3(1), 170. https://doi.org/10.24912/kn.v3i1.6200

Fataturrohmah, Anis, and R Masykur. 2017. “PENGARUH MODEL CINTA BERBANTU MEDIA TANGRAM.”

Firdaus, I. A., Zawawi, I., & Suryanti, S. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematis Realistik Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(4), 983. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.10837

Hanifah., Agung PA. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Teori Grup. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 235-244.

Helaluddin, H.W. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Makasar: Sekolah Tinggi Teologi Jaffray.

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap pemahaman KONSEP Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454

Nopiyanti, Ni Luh Putu Ayu. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Berbantuan Geogebra Dalam Upaya Meningkatkan Keterlibatan Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 1 Nomor 2.

Nurfitriyani,M. , Masruroh,A. ,& Annisa,W.M, .2023. Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif Vol. 6. DOI 10.22460/jpmi.v6i1.12659

Putri, Ni Wayan Suardiati, Sariyasa & I Made Ardana. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tandur Berbantuan Geogebra Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Geometri Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3 Nomor 1.

Putri, Yunia Eka. (2020) Perbandingan PBL dan DL Terhadap Pemahaman Konseptual Siswa Kelas XI Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1), 40- 52.

Qudsiyah, K. (2021). Pemahaman Konsep Dalam Menyelesaikan Masalah Logika Mahasiswa Pendidikan Matematika Stkip Pgri Pacitan. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Abdimas Tahun 2021, 6, 238–243.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syazali, Muhamad. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Maple II Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.” Al-Jabar:Jurnal Pendidikan Matematika 6(1): 91–98.

Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Pada Siswa SMA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 326. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4917

Zulnaidi, H., & Zakaria, E. (2012). The effect of using geogebra on conceptual and procedural knowledge of high school mathematics students. Asian Social Science, 8(11). https://doi.org/10.5539/ass.v8n11p102

Zulfah., & Zulhendri.(2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran Koopearatif Tipe Group Investigation * EN Yuliani - Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.