Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar
Sari
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMPI Riyadh El-Jannah Bekasi berdasar pada langkah-langkah Polya dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aljabar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas VII SMPI Riyadh El-Jannah bekasi dengan sampel sebanyak 20 siswa. Dalam penelitian ini, dianalisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan mengelompokkan menjadi 3 kategori yaitu kategori tinggi, sedang dan rendah. Kemudian akan dianalisa berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 soal essay pada soal cerita materi aljabar. Teknik pengumpulan data dengan tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data kualitatif didapatkan simpulan bahwa: kemampuan pemecahan masalah matematika kategori tinggi sebanyak 2 siswa atau 10%, kemampuan pemecahan masalah matematika kategori sedang sebanyak 7 siswa atau 35%, dan kemampuan pemecahan masalah matematika kategori rendah sebanyak 11 siswa atau 55% .
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.