Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar

Nisvi Sya'bania Octiani, Yogi Wiratomo, Dasmo Dasmo

Sari


Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMPI Riyadh El-Jannah Bekasi berdasar pada langkah-langkah Polya dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aljabar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas VII SMPI Riyadh El-Jannah bekasi dengan sampel sebanyak 20 siswa. Dalam penelitian ini, dianalisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan mengelompokkan menjadi 3 kategori yaitu kategori tinggi, sedang dan rendah. Kemudian akan dianalisa berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 soal essay pada soal cerita materi aljabar. Teknik pengumpulan data dengan tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data kualitatif didapatkan simpulan bahwa: kemampuan pemecahan masalah matematika kategori tinggi sebanyak 2 siswa atau 10%, kemampuan pemecahan masalah matematika kategori sedang sebanyak 7 siswa atau 35%, dan kemampuan pemecahan masalah matematika kategori rendah sebanyak 11 siswa atau 55% .

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.