Kemampuan Komunikasi Matematika Ditinjau dari Self Esteem
Sari
Kemampuan komunikasi matematika berkaitan dengan cara menyampaikan ide dari bentuk matematika ke bentuk konkret yang ditinjau oleh Self esteem mathematics. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan metode survey dengan analisis regresi. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa program studi pendidikan matematika semester 6 Universitas Indraprasta PGRI. Sampel penelitian ini berjumlah 70 mahasiswa yang diambil dengan teknik random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan instrument tes untuk kemampuan komunikasi matematika dan angket untuk mengukur self esteem. Sebelum melakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan data diantaranya uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self esteem mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematika.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
A, F., & Baharuddin, M. R. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 139–146. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1425
Ansari. (2012). Komunikasi matematika dan politik suatu perbandingan : Konsep dan aplikasi. . Yayasan Pena.
Aspriyani, R. (2020). Self esteem siswa terhadap kemampuan komunikasi matematika. . Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 13(2), 285–297.
Awal, P. P., Self, D., Matematis, E., Kemampuan, T., Logis, B., Aan, M., Pamungkas, S., & Setiani, Y. (2017). Peranan Pengetahuan Awal dan Self Esteem Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 61–68. https://doi.org/10.15294/KREANO.V8I1.7866
Hafidhoh, N., & Marlina, R. (2021a). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1). https://doi.org/10.33387/dpi.v10i1.2785
Hafidhoh, N., & Marlina, R. (2021b). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1). https://doi.org/10.33387/dpi.v10i1.2785
Haji, S. (2012). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Smp Kota Bengkulu.
Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 7(1), 9. https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i1.7397
Junita, R. (2016). Kemampuan representasi dan komunikasi matematis peserta didik SMA ditinjau dari prestasi belajar dan gaya kognitif. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 193. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10655
La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021
Lestari, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Gantang, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.31629/JG.V3I2.478
Lestari, I., Ramdani, I., & Mailizar, M. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematika melalui Model Pembelajaran Situation Based Learning. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 401–409. https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8282
Nurlailatul Qiram, Ellis Salsabila, & Meidianingsih, Q. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Self-esteem Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 6 Kota Bekasi. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 6(2), 31–38. https://doi.org/10.21009/jrpms.062.05
Orth, U., & Robins, R. W. (2014). The Development of Self-Esteem. Current Directions in Psychological Science, 23(5), 381–387. https://doi.org/10.1177/0963721414547414
Rahmawati, N. K. (2018). Efektivitas Penerapan Metode Drill Dan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Aritmetika Sosial. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 14(25), 59–64. https://doi.org/10.36456/bp.vol14.no25.a1464
Verdianingsih, E. (2018). Self-Esteem in Mathematics Education.i, 3(2), 7–15. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknolog, 3(2), 7–15.
Waritsman, A., & Tombokan, F. (2020). Pengaruh Self-Esteem Terhadap Prestasi Akademik Matematika Mahasiswa. Math Educa Journal, 4(2), 134–143. https://doi.org/10.15548/mej.v4i2.1784
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.