Systematic Literature Review: Kemampuan Metakognisi Matematika

Prianti Patmah, Priarti Megawanti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah artikel yang membahas kemampuan metakognisi matematika secara sistematik, khususnya pada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan beberapa tahapan untuk menyeleksi artikel-artikel yang dijadikan sebagai acuan. Terdapat tiga proses review pada penelitian ini. Review pertama mengacu pada aspek eksternal, review kedua pada aspek internal, dan review ketiga berdasarkan Quality Assessment (QA). Aplikasi yang digunakan untuk mencari artikel-artikel dalam metode SLR ini yaitu aplikasi PoP atau Publish or Perish. Berdasarkan hasil seleksi review terdapat 20 artikel yang dianalisis untuk menjawab Research Question (RQ). Hasil analisis memberikan informasi hal-hal terkait kemampuan metakognisi matematika di antaranya yaitu tingkatan kemampuan metakognisi, struktur metakognisi, strategi metakognitif, pendekatan metakognisi, serta aktivitas metakognisi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anjani, I. R. (2019). Pendekatan Problem Solving dengan Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. EDUMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i1.279

Dinar, I., Mulyanti, Y., Lukman, H. S., Mulyanti, Y., Lukman, H. S., & Sukabumi, U. M. (2022). Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa Kelas XII SMK dalam Pemecahan Masalah Matematika (Vol. 5, Issue 2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36277/defermat.v5i2.180

Fasha, A., Johar, R., & Ikhsan, M. (2018). Peningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metakognitif. Jurnal Didaktik Matematika, 5, 53–64. https://doi.org/10.24815/jdm.v5.i2.11995

Flavell, J. H. (2024). Theories of Learning in Educational Psychology. The Nature of Intelligence, 1979, 231–235. https://doi.org/10.4324/9781032646527-16

Handayani, I. P., & Irawan, D. (2022). Keterampilan Metakognitif ditinjau dari Perspektif Taksonomi Bloom Edisi Revisi dalam Pembelajaran Pai. Studia Religia : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6(2), 175–189. https://doi.org/10.30651/sr.v6i2.13038

Ikhwani, A. D., Subanji, & Susanto, H. (2023). Aktivitas Metakognitif Siswa dengan Gaya Kognitif Reflektif dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2581–2594. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2507

Irawan, B. P. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis dengan Pembelajaran Metakognitif. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 3, 75–84. https://doi.org/https://doi.org/ 0.31539/judika.v3i2.1624

Istiqomah, N., Yuli, T., & Siswono, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Metakognitif dan Pemecahan Masalah Matematika di Kelas XI SMA Negeri 1 Jombang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9, 422–429. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p422-429

Januar, L. R., Purwanto, P., & Susiswo, S. (2023). Strategi Metakognitif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ditinjau berdasarkan Kecemasan Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 210–222. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1817

Khasanah, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Quitters ditinjau dari Kemampuan Metakognitif. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 16(1), 44–58. https://doi.org/10.21831/pg.v16i1.34509

Lestari, R. B., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2019). Penerapan Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA ditinjau dari Tahap Perkembangan Kognitif. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3, 134–145. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/prima.v3i2.1209

Lusiana, R., Murtafiah, W., & Oktafian, F. (2020). Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan pada Materi Pola Bilangan ditinjau dari Brain Dominance. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 962. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3044

Ma’rifah, N., Sutawidjaja, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Keterampilan Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah SPLDV di SMP Negeri 4 Malang. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 5(2), 54. https://doi.org/10.17977/um076v5i22021p54-62

Meisura, A., Zubaidah Amir, dan M., Pendidikan Matematika, P., Islam Negeri Sultas Syarif Kasim Riau, U., & Artikel, S. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa. 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3146

Morus, I. R. (2013). Queen of the Sciences. When Physics Became King, December, 1–21. https://doi.org/10.7208/chicago/9780226542003.003.0001

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. National Council of Teachers of Mathematics.

Nisa Rambe, K., & Sinaga, B. (2020). Analisis Kemampuan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematis pada Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Gaya Belajar. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24114/paradikma.v13i3.22912

Rahayu, O., Anggo, M., & Fahinu. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMPN 2 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9, 150–161. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5865

Sholihah, U. (2016). Membangun Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 83–100. https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.01.83-100

Sinta Dewi, A., Dwi Windy Kusuma Ningtyas, Y., Kunci, K., Metakognitif, K., Metakognitif, A., & Kemampuan Metakognitif, K. (2023). Kemampuan Metakognitif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v8i2.1956

Soinbala, H., & Mulyatna, F. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika (Vol. 2, Issue 1).

Suryani, D. R., Nur’Aini, K. D., & Natsir, I. (2023). Perbedaan Level Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3494. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7557

Suryaningtyas, S., & Setyaningrum, W. (2020). Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa SMA Kelas XI Program IPA dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 74–87. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.16049

Sutini, S. (2019). Kemampuan Metakognitif dan Komunikasi Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 4(1), 32–47. https://doi.org/10.15642/jrpm.2019.4.1.32-47

Syamsuri, & Mia Aprilia. (2022). Kemampuan Metakognitif Siswa SMK dengan Gaya Kognitif Field Dependent dalam Menyelesaikan Masalah Program Linier. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 863–872. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2573

Tri Aniah, Dwi Oktaviana, & Hartono, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ludo Statistika pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 51–65. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.441

Zakiah, N. E. (2020). Level Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Pembelajaran Matematika berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 132–147. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.30458

Zulfikar, R. N. (2019). Analisis Strategi Metakognitif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. In Jurnal Ilmiah Iqra (Vol. 13). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30984/jii.v13i1.937

Zuriati, S., Sa’dijah, C., & Sisworo, ; (2021). Aktivitas Metakognitif Siswa dalam Memecahkan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar. In Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika (Vol. 5, Issue 2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um076v5i22021p26-37


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.