Systematic Literature Review: Kemampuan Metakognisi Matematika
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anjani, I. R. (2019). Pendekatan Problem Solving dengan Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. EDUMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i1.279
Dinar, I., Mulyanti, Y., Lukman, H. S., Mulyanti, Y., Lukman, H. S., & Sukabumi, U. M. (2022). Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa Kelas XII SMK dalam Pemecahan Masalah Matematika (Vol. 5, Issue 2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36277/defermat.v5i2.180
Fasha, A., Johar, R., & Ikhsan, M. (2018). Peningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metakognitif. Jurnal Didaktik Matematika, 5, 53–64. https://doi.org/10.24815/jdm.v5.i2.11995
Flavell, J. H. (2024). Theories of Learning in Educational Psychology. The Nature of Intelligence, 1979, 231–235. https://doi.org/10.4324/9781032646527-16
Handayani, I. P., & Irawan, D. (2022). Keterampilan Metakognitif ditinjau dari Perspektif Taksonomi Bloom Edisi Revisi dalam Pembelajaran Pai. Studia Religia : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6(2), 175–189. https://doi.org/10.30651/sr.v6i2.13038
Ikhwani, A. D., Subanji, & Susanto, H. (2023). Aktivitas Metakognitif Siswa dengan Gaya Kognitif Reflektif dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2581–2594. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2507
Irawan, B. P. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis dengan Pembelajaran Metakognitif. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 3, 75–84. https://doi.org/https://doi.org/ 0.31539/judika.v3i2.1624
Istiqomah, N., Yuli, T., & Siswono, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Metakognitif dan Pemecahan Masalah Matematika di Kelas XI SMA Negeri 1 Jombang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9, 422–429. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p422-429
Januar, L. R., Purwanto, P., & Susiswo, S. (2023). Strategi Metakognitif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ditinjau berdasarkan Kecemasan Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 210–222. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1817
Khasanah, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Quitters ditinjau dari Kemampuan Metakognitif. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 16(1), 44–58. https://doi.org/10.21831/pg.v16i1.34509
Lestari, R. B., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2019). Penerapan Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA ditinjau dari Tahap Perkembangan Kognitif. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3, 134–145. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/prima.v3i2.1209
Lusiana, R., Murtafiah, W., & Oktafian, F. (2020). Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan pada Materi Pola Bilangan ditinjau dari Brain Dominance. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 962. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3044
Ma’rifah, N., Sutawidjaja, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Keterampilan Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah SPLDV di SMP Negeri 4 Malang. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 5(2), 54. https://doi.org/10.17977/um076v5i22021p54-62
Meisura, A., Zubaidah Amir, dan M., Pendidikan Matematika, P., Islam Negeri Sultas Syarif Kasim Riau, U., & Artikel, S. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa. 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3146
Morus, I. R. (2013). Queen of the Sciences. When Physics Became King, December, 1–21. https://doi.org/10.7208/chicago/9780226542003.003.0001
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. National Council of Teachers of Mathematics.
Nisa Rambe, K., & Sinaga, B. (2020). Analisis Kemampuan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematis pada Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Gaya Belajar. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24114/paradikma.v13i3.22912
Rahayu, O., Anggo, M., & Fahinu. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMPN 2 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9, 150–161. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5865
Sholihah, U. (2016). Membangun Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 83–100. https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.01.83-100
Sinta Dewi, A., Dwi Windy Kusuma Ningtyas, Y., Kunci, K., Metakognitif, K., Metakognitif, A., & Kemampuan Metakognitif, K. (2023). Kemampuan Metakognitif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v8i2.1956
Soinbala, H., & Mulyatna, F. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika (Vol. 2, Issue 1).
Suryani, D. R., Nur’Aini, K. D., & Natsir, I. (2023). Perbedaan Level Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3494. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7557
Suryaningtyas, S., & Setyaningrum, W. (2020). Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa SMA Kelas XI Program IPA dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 74–87. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.16049
Sutini, S. (2019). Kemampuan Metakognitif dan Komunikasi Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 4(1), 32–47. https://doi.org/10.15642/jrpm.2019.4.1.32-47
Syamsuri, & Mia Aprilia. (2022). Kemampuan Metakognitif Siswa SMK dengan Gaya Kognitif Field Dependent dalam Menyelesaikan Masalah Program Linier. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 863–872. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2573
Tri Aniah, Dwi Oktaviana, & Hartono, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ludo Statistika pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 51–65. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.441
Zakiah, N. E. (2020). Level Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Pembelajaran Matematika berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 132–147. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.30458
Zulfikar, R. N. (2019). Analisis Strategi Metakognitif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. In Jurnal Ilmiah Iqra (Vol. 13). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30984/jii.v13i1.937
Zuriati, S., Sa’dijah, C., & Sisworo, ; (2021). Aktivitas Metakognitif Siswa dalam Memecahkan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar. In Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika (Vol. 5, Issue 2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um076v5i22021p26-37
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.