Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Bisnis dan Pemasaran SMK di Jakarta

Sarah Faradilla, Fahri Saputra, Humairoh Humairoh, Rahma Mutia

Sari


Matematika merupakan pelajaran yang dianggap sangat sulit dan mudah menakutkan untuk sebagaian orang. Pelajaran matematika akan mudah jika dikerjakan dan disukai oleh siswa. Kedisplinan membuat pelajaran matematika dianggap mudah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apakah tingkat disiplin belajar siswa memiliki dampak signifikan terhadap hasil belajar Matematika. Metode yang digunakan adalah ex post facto, penelitian ini dilakukan di SMK Negri Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan belajar tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas XI Bisnis dan Pemasaran. Dikarenakan nilai F hitung = 0,677 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,677 > 0,05, sehingga Ho diterima yang berarti model regresi tidak dapat dipakai untuk memprediksi variabel partisipasi atau dengan kata lain tidak ada pengaruh variabel Kedisiplinan Belajar (X) terhadap Hasil Belajar (Y). Pengaruh variabel bebas (Kedisiplinan belajar) terhadap variabel terikat (Hasil Belajar) adalah sebesar 0,6%, sedangkan 99,4% adalah variabel lainnya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariananda, E. S., Hasan, S., & Rakhman, M. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Pendingin. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 233. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3805

Budiono, E. (2019). Pengaruh kedisiplinan , perhatian orang tua dan jumlah saudara terhadap prestasi belajar matematika Influence of discipline , parent ’ s attention and number of brothers on mathematics learning achievement. 1(1), 16–22.

Ekawati, S. (2016). Pengaruh Kedisiplinan dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Padegodik, 1(2), 119–130. https://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/361/321

Faisah, E., Padilah, E., & Patras, Y. E. (2023). Pengaruh Minat Belajar dan Kedisiplinan Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(1), 6–13. https://journal.unpak.ac.id/index.php/jmp

Idzhar, A. (2016). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Bantaeng. Jurnal Office, 2(2), 222–228.

Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu, 5(1), 13–18.

Nurlaili, S., & Novianti Sitompul, D. (2022). Pengaruh Kedisiplinan Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi Di SMK Harapan Mekar 2 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, 2(1), 38–46. https://doi.org/10.56495/jrip.v2i1.103

Rahmaini, N., & Ogylva Chandra, S. (2024). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.420

Rohman, F. (2018). Peran Pendidik dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah / Madrasah. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1), 72–94.

Tamardiyah, N. D. (2017). Minat Kedisiplinan dan Ketekunan Belajar terhadap Motivasi Berprestasi dan Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika SMP. Manajemen Pendidikan, 12(1), 26–37. https://doi.org/10.23917/jmp.v12i1.2972

Sugiyono. (2015).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B cetak ke-22. Bandung, Penerbit Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.