Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Bilangan: Studi Kepustakaan

Tasya Mahira, Hanna Alia, Annisa Salsabila, Trie Ananda Harwiya

Sari


Matematika masih dianggap sulit bagi siswa karena sifatnya yang abstrak, dan kesulitan ini sering disebut dyscalculia. Siswa yang mengalami dyscalculia biasanya tidak memahami proses matematis, yang ditandai dengan kesulitan mengerjakan tugas yang melibatkan angka atau simbol matematis. Kesulitan belajar matematika berkaitan dengan pemahaman konsep, penggunaan simbol, kalkulasi (berhitung), penerapan konsep, serta pemahaman soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan, metode literature review digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dari database Google Scholar untuk mencari artikel yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak siswa melakukan kesalahan dalam memahami konsep dasar, penggunaan algoritma yang tidak tepat, serta kesulitan dalam menerapkan konsep matematika dalam berbagai konteks soal cerita. Temuan ini diharapkan dapat membantu siswa dalam mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan-kesalahan umum siswa.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.