Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Dua Variabel

Bilqis Farikha Rizki Al Fajrin, Indra Martha Rusmana, Soeparlan Kasyadi

Sari


Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Tingkat kesulitan siswa kelas X di SMA Mandalahayu dalam menyelesaikan soal matematika pada materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Dua Variabel dan untuk mengidentifikasi apa sajakah faktor yang mempengaruhi siswa kelas X mengalami kesulitan belajar matematika pada pokok pembahasan Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Dua Variabel. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan Teknik random sampling. Subjek pada penelitian ini sebanyak 28 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh Kesimpulan yang menunjukkan bahwa kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada pokok pembahasan Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Dua Variabel sebanyak 19 siswa atau 67,9% berada pada kriteria tinggi, 6 siswa atau 21,4% berada pada kategori sedang dan 3 siswa atau 10,7% siswa berada pada kategori rendah dalam mengerjakan soal matematika dengan materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Dua Variabel. Sehingga berdasarkan kriteria dapat disimpulkan bahwa kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Dua Variabel sudah cukup banyak yang mengerti tetapi 9 diantaranya mengalami kesulitan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hasanuddin, M. I. (2020). Pengetahuan Awal (prior knowledge): konsep dan implikasi dalam pembelajaran. Edisi, 2(2), 217-232. (Konsep pengetahuan awal merupakan suatu pengetahuan yang telah dimiliki oleh individu yang diperoleh dari pengalaman sepanjang hidupnya yang akan digunakan untuk menciptakan pengetahuan dan pengalaman baru).

Mashuri, D. K. (2020). Pengembangan media pembelajaran video animasi materi volume bangun ruang untuk SD kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893-903.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.