Pengaruh Self Efficacy Peserta Didik terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis

Yuan Andinny

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri peserta didik terhadap kemampuan komunikasi matematis. Sampel yang digunakan sebanyak 118 peserta didik dengan teknik random sampling dari peserta didik kelas X MA Citra Cendekia. Metode yang digunakan adalah survei, pengumpulan data dilaksanakan dengan menyebarkan tes untuk variabel kemampuan komunikasi matematis sedangkan angket untuk variabel self-efficacy. Berdasarkan hasil uji hipotesis dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara self-efficacy (X) terhadap kemampuan komunikasi matematis (Y). Hal ini dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel atau 26,96 > 3,92. Dengan nilai dari pengaruh self-efficacy peserta didik terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik sebesar 18,9% dan sisanya sebesar 82,1% dipengaruhi oleh variabel lain.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.