Pengaruh Number Sense terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Dwi Kangjeng, Salma Ihya Hanifa, Nisa Maulina Mawaddah, Dini Habibatul Fitri, Fayza Ratu Aprilia

Sari


Pembelajaran matematika di sekolah cenderung terfokus pada mengingat rumus, mengikuti prosedur dan langkah-langkah penyelesaian, sehingga kurang mengenal intuisi terhadap bilangan. Hal ini menyebabkan siswa kesulitan mengembangkan pemikiran matematis sehingga cenderung hanya menghafal prosedur ataupun rumus. Mengetahui pentingnya memiliki intuisi dan kepekaan terhadap bilangan adalah tujuan dalam penelitian ini sehingga siswa dapat mengembangkan keterampilan dalam pemecahan masalah matematis, dan menjadikan bilangan bukan lagi menjadi sesuatu di luar dari pemahaman siswa, melainkan dapat diserap dan diaplikasikan dalam kendali pikiran mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan literature review. Sebagai referensi, artikel di google scholar yang relevan dengan topik ini dipakai untuk mengumpulkan data. Berdasarkan telaahan penulis, didapati bahwa salah satu hal yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah number sense. Untuk itu, kajian ini diharapkan dapat membantu guru meningkatkan kemampuan number sense siswa sehingga siswa dapat mengembangkan keterampilan dalam pemecahan masalah matematis.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.