Pentingnya Kemampuan Penalaran dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika

Rossi Dwika Heryani, Gusti Alif Aprilita, Aziziyah Zahra Jinan, Cristiana Dewi, Fhadia Nur Baiti

Sari


Literasi Matematika adalah pengetahuan untuk menerapkan matematika dasar dalam kehidupan kita sehari-hari. Kemampuan literasi matematika siswa Indonesia menurut hasil PISA tahun 2018 berada pada peringkat 73 dari 79 negara. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya penalaran dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. Pada penelitian ini menggunakan metode literatur review. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa siswa belum terbiasa menyelesaikan soal-soal yang menekankan kemampuan penalaran sehingga sulit untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.