Mengembangkan Keterampilan Bahasa Siswa Anak Usia 6—8 Tahun Menggunakan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Etnomatematika
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk membentuk keterampilan berbahasa pada anak usia 6-8 tahun dengan menggunakan media pembelajaran pop up book berbasis etnomatematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kepustakaan dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi. Sumber data sekunder digunakan untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan berbahasa pada anak usia 6-8 tahun dengan menggunakan media pembelajaran pop up book berbasis etnomatematika. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas 1 dan 3 yang berjumlah 60 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan berbahasa siswa dapat dikembangkan dengan menggunakan media pop up book berbasis etnomatematika yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran di sekolah.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adam, Steffi, and Muhammad T.S. 2015. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam.” CBIS Journal 3(2):78–90.
Lestaningrum, Anik; W. Intan P. 2014. “Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Media Panggung Boneka Tangan.” Nusantara of Research 1(01):1–90.
Nare, Maria Olga, Indra Martha Rusmana, and Diah Oga Nusantari. 2022. “Eksplorasi Etnomatematika pada Rumah Panggung Khas Sunda di Daerah Kranggan Wetan.” Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika 8(0):223–34.
Pebriana, Putri Hana. 2017. “Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral pada Anak Usia Dini melalui Metode Mendongeng.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(2):139–47. doi: 10.31004/obsesi.v1i2.25.
Prasetiyo, Heru Budi. 2019. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Buku Pop-Up terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 1 Gondosuli.” EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA 1(2). doi: 10.29100/eduproxima.v1i2.1109.
Salsabila, Tasya. 2020. “Kemampuan Berbahasa Anak Usia 6 Tahun dalam Bercerita ( Aspek Sintaksis ).” SeBaSa 3(1):25–32.
Septianawati, Tia, Fenti Verawati, and Adhina Mentari Ashri. 2019. “Kajian Etnomatematika : Mengungkap Kearifan Lokal Budaya dan Matematika Lampung Naga.” JURNAL METATIKA (Jurnal Pendidikan Matematika) 1(1):63–79.
Tafonao, Talizaro. 2018. “Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2(2):103. doi: 10.32585/jkp.v2i2.113.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.