Peran Literasi Digital dalam Pembelajaran Matematika Siswa

Filza Septa Fadhillah, Indah Lestari, Laela Fitrah, Siti Nurul Ardenia Ningsih Kholifah

Sari


Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi  telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan, menjadikan literasi digital sebagai keterampilan yang penting. Literasi digital mencakup kemampuan mengoperasikan komputer untuk membaca, menulis, memahami, menggunakan, dan mengevaluasi informasi dari berbagai sumber digital. Literasi digital berperan penting dalam pembelajaran matematika dengan membantu siswa memahami konsep-konsep abstrak melalui visualisasi dan simulasi. Meskipun menawarkan inovasi dan interaktivitas dalam pembelajaran, tantangan penerapannya tetap ada, termasuk kebutuhan akan integrasi teknologi yang efektif dan cara mengevaluasi sumber digital. Artikel ini merupakan kajian literatur yang akan membahas mengenai keterkaitan antara literasi digital dengan pembelajaran matematika siswa yang mencakup manfaat, tantangan, serta strategi efektif untuk meningkatkan  literasi digital dalam pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Artiyani, R. (2023). Literasi Digital Dalam Pembelajaran Matematika SMK. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 9.

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609

Fernanda, F. F. H., Rahmawati, L. E., Putri, I. O., & Nur’aini, R. (2020). Penerapan Literasi Digital Di SMP Negeri 20 Surakarta. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 141–148. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i2.12842

Indrawati, F., Hikmah, N., & Mailizar. (2021). Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Literasi Digital. Jurnal PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(5), 478-485. http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i5.9291

Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 4(2), 231–240.

Jayantika, I. G. A. T., & Namur, G. (2022). Peran Teknologi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Literasi Digital Matematika. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 284-291. https://doi.org/10.5281/zenodo.7033331

Kholid. (2020). Pentingnya Literasi Digital Bagi Guru Pada Lembaga Pendidikan Tingkat Dasar Dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Horizon Pedagogia, 1(1), 22-27.

Kusumawati, H., Wachidah, L. R., & Triana, D. (2022). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 3).

Muliawanti, S., & Kusuma, A. B. (2019). Literasi Digital Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Sendika, 5(1), 317-324.

Nastiti, D., & Permana, I. A. P. (2023). Peran Guru Dalam Pengembangan Literasi Digital (The Role Of Teachers In Digital Literacy Development). Pandawa : Pusat Publikasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(3), 144–153.

Pambudi, M. A. (2022). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(3), 636-646.

Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Gunahumas, 1(1), 72-87. https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380

Utami, F. M. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Literasi Digital Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FKIP UMP, 3(1), 211-219.

Widianti, H. (2021). Strategi Peningkatan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Matematika (Studi Kasus Peserta Didik SMAN 1 Tanjunganom Nganjuk). Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 20(1), 101-114.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.