Analisis assessment dalam strategi Pembelajaran Diferensiasi kelas XI di SMK Negeri 51 Jakarta

Ade Setiawan, Chairiah Andani, Diah Amalia Prawanti, Fadya Destiana

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi mengenai konsep, strategi dan manfaat assessment pembelajaran diferensiasi di SMKN 51 Jakarta. Dimana pembelajaran diferensiasi mengakui keberagaman siswa dalam kemampuan, minat, dan gaya belajar mereka, serta berupaya untuk menyediakan pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan individu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dimana sampel yang digunakan merupakan siswa kelas XI SMKN 51 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa assessment pembelajaran diferensiasi sangat berpengaruh pada hasil belajar maupun nilai  yang didapat peserta didik, dimana rata-rata nilai yang diperoleh masuk dalam kategori baik serta sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung, P. (2020). Merdeka Belajar Dan Penghapusan UN. Semarang: Lontar Merdeka.

Buchari, A. (2018). Peran Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106-124. http://dx.doi.org/10.30984/jii.v12i2.897.

Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 67–73. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73.

Fuad Efandi. (2023). Esensi Pendidikan Merdeka (Kajian Terhadap Pemikiran Pendidikan Alexander Sutherland Neill). Journal Khafi : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 23-34. Retrieved from https://ejournal.panduinstitute.com/index.php/PCFIS/article/view/5.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182. https://doi.org/10.21009/PIP.352.10.

Marantika, J.E.R., Tomasouw, J., & Wenno, E.C. (2023). Implementasi Pembelajaran di Kelas. German Fur Gesellschaft: J-Gefuge, 2(1), 1-8

Marlina (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang:CV. Afifa Utama

Muslimin., Hirza, B., Nery, R. S., Yuliani, R. E., Heru., Supriadi, A., Desvitasari, T., dan Khairani, N. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(2): 22-32

Peraturan Pemerintahan Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Pendidikan Nasional

Purnawanto, A.T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 16(1), 34-54

Sasmayunita, S., Haerul, H., Thahir, A., & Afriyanti, R. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Proyek Berdiferensiasi di SMA 8 Ternate. EDUKASI, 21(3), 606–615.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Bandung: ALFABETA

Susanto, A. S., & Setyanto, Y. (2020). Strategi Public Relations SmartSpin PR dalam Membangun Brand Image Klien (Studi Pada Re:ON comics). Prologia, 3(2), 320–326. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6349.

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan,2(4), 529–535

Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 682-689.

Zainal, N.F. (2020). Pengukuran, Assessment dan Evaluasi dalam Pembelajaran Matematika. Laplace Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1): 1-19.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.