Matematika Realistik Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Konsep Pembagian di Sekolah Dasar melalui Pemainan Congklak

Novia Suciyanti, Najwa Maulidina, Yuniar Permata Sari, Faiza Diah Utami, Anastasya Anastasya

Sari


Masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika, salah satu penyebabnya adalah guru yang menggunakan model pembelajaran konvesional, sehingga siswa merasa jenuh saat belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman siswa tentang konsep pembagian di sekolah dasar melalui permainan congklak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode library research. Data dikumpulkan melalui data artikel dan jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan matematika realistik berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman konsep pembagian siswa melalui permainan congklak, khususnya di sekolah dasar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adjie, N., Putri, S. U., & Dewi, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1325-1338.

Agustina, L. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 4 Sipirok kelas VII melalui pendekatan matematika realistik (PMR). EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 1(1).

Agusta, Akhmad Riandy.dkk. (2021). Inovasi Pendidikan. Aceh: Yayasan Penerbit.

Atiqoh, K. S. N. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar. Algoritma: Journal of Mathematics Education, 1(1), 63–73.

Firmansyah, R., Handoko, S., & Gunawan, I. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Melalui Model RME (Realistic Mathematics Education) di Kelas IV Sekolah Dasar. Educare, 42-49.

Fitra, D. (2018). Penerapan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) dalam pembelajaran matematika. Jurnal Inovasi Edukasi, 1(1), 1-7.

Handayani, S. D., & Irawan, A. (2020). Pembelajaran matematika di masa pandemic covid-19 berdasarkan pendekatan matematika realistik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 179-189.

Heruman. (2008). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Heryan, U. (2018). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 94-106.

Indira, T., Somakim, S., & Susanty, E. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 75.

Lanya, H., Aini, S. D., & Irawati, S. (2020). Pelatihan Metode Jarimatika sebagai Alternatif dalam Pembelajaran Matematika SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 390-398.

Narwati. (2020). Penerapan Pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Keliling dan Luas Persegi Panjang Siswa Kelas III MIN 8 Aceh Barat Daya. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi, 1(1), 71-83

Nataliya, P. (2015). Efektivitas penggunaan media pembelajaran permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(2), 343-358.

Ningsih, S. (2014). Realitic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 73-94.

Oftiana, S., & Saefudin, A. A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik indonesia (PMRI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII smp negeri 2 srandakan. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(2), 293-301.

Purba, A. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(2), 237-243.

R. Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Saputro, B. A., Prayito, M., & Nursyahidah, F. (2015). Media pembelajaran geometri menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis GeoGebra. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 34-39.

Sari, N. P., Yufiarti, Y., & Makmuri, M. (2022). Matematika Realistik Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Konsep Pembagian di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 143-154.

Siregar, S. U., dkk. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Self-Efficacy Matematis Siswa melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika. 4(2), 151-159

Sugriani, A. (2019). Upaya meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan pecahan melalui pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMR). Jurnal Didactical Mathematics, 1(2), 301041.

Suardipa, I. P., & Handayani, N. N. L. (2021). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Dengan Kovariabel Bakat Numerik Pada Siswa Kelas V SD Gugus Banyuning. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 5(1), 63-72.

Suwarsih, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Perkalian dan Pembagian Bilangan Cacah melalui Alat Peraga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 433-444.

Wahyuningtyas, D. T., & Ladamay, I. (2016). Meningkatkan pemahaman konsep perkalian dan pembagian bilangan bulat menggunakan media wayangmatika. Jurnal Pancaran, 5(3), 51-60.

Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) terhadap pemahaman konsep dan berpikir logis siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 183-193.

Yensy, Nurul Astuty. (2020). Efektivitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19 ). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia; Universitas Bengkulu. 5(2). 65-74

Yulianty, N. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60-65.

Yusmanita, S., Ikhsan, M., & Zubainur, C. M. (2018). Penerapan Pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian. Jurnal Elemen, 4(1), 93-104.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.