Eksplorasi Etnomatematika Pada Rumah Tradisonal Masyarakat Amarasi Kabupaten Kupang dan Integritasnya Dalam Pembelajaran Matematika

Aleksius Madu, Wara Sabon Dominikus, Ebenhaezar Mamo

Sari


Etnomatematika merupakan kegiatan matematika dalam kehidupan budaya masyarakat baik dalam bahasa, istilah-istilah yang dipakai dalam budaya, kode perilaku, mitos, dan simbol yang didalamnya juga menggunakan perhitungan, pengukuran, pengkodean, mengklarifikasi, dan lain-lain. Aktifitas kehidupan  budaya masyarakat Amarasi terkhususnya pada rumah tradisional Amarasi memiliki  nilai etnomatematika yang dapat eksplorasi, sehingga peneliti merasa perlu dilakukan penelitian dengan tujuan agar dapat menggali informasi terkait etnomatematika dan dideskripsikan untuk diintegrasikan kedalam pembelajaran matematika dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Bukelurahan Buraen, kecamatan Amarasi Selatan, kabupaten Kupang, Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah masyarakat setempat yang memiliki pengetahuan terkait rumah tradisional, seperti tokoh masyarakat, tua adat dan sebagainya. Dalam melakukan pengecekan data peneliti menggunakan trigulasi sumber sebagai salah satu pendekatan untuk menggali informasi agar informasi yang didapat mampu dipertanggung jawabkan kebenarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adaya karakteristik  etnomatematika yang berkaitan dengan konsep matematika di sekolah antara lain operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, bilangan bulat, bilangan pecahan, logika matematika, sistem persamaan linear dua variabel, bangun ruang geometri, bangun datar, besar sudut dan sebagainya, yang dapat dikembangkan dalam perangkat pembelajaran matematika di sekolah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abi, A. M. (2017). Integrasi etnomatematika dalam kurikulum matematika sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1-6.

Abroriy, D. (2020). Etnomatematika dalam Perspektif Budaya Madura. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(3), 182-192.

D'Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the learning of Mathematics, 5(1), 44-48.

Dominikus, W. S. (2018) Etnomatematika Adonara. Kupang : Media Nusa Creative.

Kibana, P.A. (2021).eksplorasi etnomatematika pada aktifitas menenun kelompok tolfe’u kecamatan fatuleu tengah dan integrasinya dalam pembelajaran matematika (Skripsi). Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusa Cendana, Kupang.

Puspadewi, K. R. & Putra, I. G. N. N. (2014). Etnomatematika di balik kerajinan anyaman Bali. Jurnal matematika, 4(2), 80-89.

Resfaty, A. G, Muzdalipah, I., & Hidayat, E. (2019). Studi Etnomatematika: Mengungkap Gagasan dan Pola Geometris pada Kerajinan Anyaman Mendong di Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(1), 19–26.

Rosita, M . S. (2019). Etnomatematika Pada Rumah Adat Osing Banyuwangi Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Mipa, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, da R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sulistyani, A. P., Windasari, V., Rodiyah, I. W., & Muliawati, N. E. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Joglo Tulungagung. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 22-28.

Susanti, E. (2020). Eksplorasi etnomatematika konsep operasi hitung dalam permainan tradisional kempreng. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 1-8.

Talan, K. Y. P., Nubatonis, O. E., & Dominikus, W. S. (2021, December). Eksplorasi Etnomatematika Dalam Aktivitas Menenun Di Kecamatan Amarasi Barat Dan Integrasinya Dalam Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Semnasdika) 1 Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Timor (Vol. 1, Pp. 45-50).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.