Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika PISA berdasarkan Self-efficacy

Andi Dian Angriani, Kiky Nakesya A.S, Nurul Azizah Amrillah, Alpiyanti Alpiyanti, Muh. Rezki Teguh Imansyah, Muh. Iksan Maulana

Sari


Penelitian ini bertuujuan untuk mengetahuii kesulitan siswa pada penyelesaian soal literasi matematika PISA berdasarkan self-efficacy siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Al-Bayyinah Makassar dan subjek yang diteliti merupakan siswa kelas VIII B berjumlah 17 siswa. Dari populasi ini, dipilih 3 siswa sebagai subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal tes, angket, dan pedoman wawancara. Pemilihan subjek didasarkan pada kriteria self-efficacy yang diukur melalui angket dan diklasifikasikan menjadi tiga kategori: tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa yang memiliki tingkat self-efficacy tinggi dan sedang mampu menuntaskan soal yang melibatkan proses literasi matematika. Namun siswa self-efficacy sedang cenderung mengalami kesalahan dalam perhitungan. Siswa dengan self-efficacy rendah masih terkendala pada indicator dua yakni mengalami kesulitan dalam menggunakan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Almadani, C. M., Wulandari, R., & Madura, U. T. (2024). ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS 5 SDN PUCANGTELU DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI MATEMATIS. 2(2), 2808–2827.

Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari self efficacy siswa. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5).

Andari, R. M., & Setianingsih, R. (2021). Students’ Mathematical Literacy in Solving PISA Problem Using Indonesian Cultural Context. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(1), 52–67.

Anjarrani, G., & Kurniasih, M. D. (2023). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Literasi matematika Berdasarkan Self-efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 9, 132–142.

Aziziyah, M., Quthny, A. Y. A., & Lestari, W. (2022). Analisis Kesulitan Siswa MA Dalam Menyelesaikan Soal AKM Berdasarkan Self-Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 473–479.

Baihaki1, Maknun, L., & Nurmeidina, R. (2022). SELF-EFFICACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–9.

Fitriyah, E., Zuhri, M. S., & Ariyanto, L. (2022). Profil Kemampuan Multi Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Terbuka Matematika Ditinjau dari Self-Efficacy. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(6), 510–518.

Geraldine, M., & Wijayanti, P. (2022). Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationship Ditinjau dari Self Efficacy Pendahuluan. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 5(2), 82–102.

Hadi, S., & Zaidah, A. (2021). Analisa Kemampuan Literasi Numerasi dan Self-Efficacy Siswa Madrasah dalam Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(7), 300–310. https://doi.org/10.5281/zenodo.5716119

Kemendikbudristek. (2023). Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018

Lubis, R. B. (2023). Mengulik Hasil PISA 2022 Indonesia: Peringkat Naik, tapi Tren Penurunan Skor Berlanjut. https://goodstats.id/article/mengulik-hasil-pisa-2022-indonesia-peringkat-naik-tapi-tren-penurunan-skor-berlanjut-m6XDt

Machmuda, R., Edy, S., & Suryanti, S. (2024). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA. 9(2), 883–892.

Muhazir, A., Hidayanti, K., & Retnawati, H. (2021). Literasi matematis dan self-efficacy siswa ditinjau dari perbedaan kebijakan sistem zonasi. Pythagoras: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 15(2), 227–245.

Novalita, D., Kamid, & Haryanto. (2022). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI PEMROSESAN INFORMASI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 752–761. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4632

Nurazizah, S., & Nurjaman, A. (2018). Analisis hubungan self efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 361–370.

PISA, O. (2018). assessment and analytical framework.2019.

Pratiwi, A. F., & Imami, A. I. (2022). Analisis self-efficacy dalam pembelajaran matematika pada siswa smp. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(3), 403–410.

Purnomo, J. T., Hidayat, E., & Mulyani, E. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Materi Statistika Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 1(4), 348–358.

Samsuddin, A. (2019). Kemampuan literasi matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di kota Makassar. In Universitas Negeri Yogyakarta.

Surbakti, A. A., Nuryadi, & Supriyant. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, Sains, Dam Teknolog, 3(1), 230–235.

Surtinah, Ruswana, A. M., & Solihah, S. (2022). Analisis kesulitan memahami konsep matematis siswa smp ditinjau dari kemampuan self-efficacy. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(1), 61–70.

Syamsuadi, A., Darmadi, M. F., & Dassa, A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Spldv Berorientasi Pisa Dengan Konten Change And Relationship Pada Kelas VIII SMP Unismuh Makassar. Jurnal Pendidikan Matematika SIGMA, 13(2), 103–118.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.