Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Pada Materi Bilangan Berdasarkan Prosedur Newman

Suharti suharti, Husnul Khatima H, Rusnah Rusnah, Santi Wirda, Kamelia Kamelia, Muh Risfan Alamsyah

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi berbagai macam kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematika dengan materi bilangan bulat. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTS Guppi Samata dan subjek yang diteliti merupakan siswa kelas VII tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah 3 orang dari 18 siswa. Instrument dalam penelitian ini berupa angket, soal tes, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data mencakup reduksi data dan penyajian data dilakukan untuk mengkategorikan kemampuan siswa. Kemudian di analisis dan mendeksripsikan terkait kesalahan yang terjadi dalam menyelesaikan soal literasi matematika tentang bilangan bulat, berdasarkan pendekatan prosedur Newman. Hasil penelitian menunjukkan terdapat empat kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematika yaitu kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Hal ini dikarenakan kurangnya keterampilan dalam proses menghitung dan kehati-hatian dalam menyelesaikan soal literasi yang diberikan serta kurang terbiasa menulis kesimpulan dalam menyelesaikan soal.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustiani, N. (2021). Analyzing students’ errors in solving sequence and series application problems using newman procedure. International Journal on Emerging Mathematics Education, 5(1), 23–32.

Anggraini, L., Wulandari, S., & Nurmala, N. (2022). Errors of Class VIII Junior High School Students in Solving Mathematical Communication Problems Based on the Newman Procedure. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 3(2), 103–108.

Astuti, S. W., Wati, A. S., & Ayuwanti, I. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Trigonometri Berdasarkan Newman. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 6(1), 208–223.

Fitriyani, D., & Nurhikmayati, I. (2020, November). Analisis kesalahan literasi matematis siswa berdasarkan prosedur Newman. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 61-72).

Harahap, A. (2017). Education Thought of Ibnu Miskawaih. International Journal on Islamic Educational Research (SKIJIER), 1(1), 1–14.

Hidayah, N., Darmono, P. B., & Purwaningsih, W. I. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VII Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 114–123. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/2644

Idrus, L. (2019). Evaluasi dalam proses pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935.

Jun, V., Hariyani, S., & Murniasih, T. R. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Penyelesaian Soal Cerita Teorema Pythagoras berdasarkan Teori Newman. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 139–152.

Kurniati, U., & Sagita, L. (2021). Error Analysis Using Newman Procedures and the Mathematical Representation Ability of Pre Service English Teachers. Anatolian Journal of Education, 6(2), 135–156.

Lukman, S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kesalahan siswa smk dalam memecahkan masalah literasi matematis pada bangun ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(3), 101–106.

Murdiyani, N. M. (2018). Developing non-routine problems for assessing students’ mathematical literacy. Journal of Physics: Conference Series, 983(1), 12115.

Özpinar, I., & Arslan, S. (2023). Teacher-Based Evaluation of Students’ Problem Solving Skills. International Journal of Psychology and Educational Studies, 10(2), 543–560.

Putri, A., Wahyuningsih, T., Ananti, N. S., Wicaksono, A., Gharitza, Z. S., As’ari, A. R., Purwanto, P., & Osman, S. (2023). EUCLIDA: 3D Augmented Reality Card for Learning Numeracy about Geometry. TEM Journal, 12(2), 1174.

Sari, D. M. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Newman Pada Kelas XI MIPA 1 SMAN 5 Padang. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 87–97. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i1.870

Setiawan, E., Jusniani, N., & Sutandi, A. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Interpolasi Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. Prisma, 10(2), 221–233.

Siregar, N. (2023). ANALISIS KEKELIRUAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA. DIRASATUL IBTIDAIYAH, 3(1), 29-45.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.