Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Berdasarkan Metode Newman ditinjau dari Kemandirian Belajar

Nursalam Nursalam, Husnul Amalia S, Atira Muhidin, Nurul Azmy, Muh Syahrul

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk membandingkan kemandiriaan belajarr tiinggi, sedang, dan rendah saat penyelesaian soal literasi matematika.Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling dari peserta didik kelas V di SDIT Azzahrah. Tiga dari delapan belas peserta didik dipilih sebagai subjek, masing-masing satu dari tingkat kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data dilakukan melalui angkett kemandiriaan belajarr, tes literasi matematika, wawancara, dan dokumentasi. Analisis kesalahan dalam tes dilakukan menggunakan prosedur Newman. Hasil penelitian menunjukkaan bahw.a peserta didiik dengaan tingkat kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah memiliki kemampuan yang sebanding dalam aspek membaca dan memahami permasalahan matematika. Namun, terdapat perbedaan dalam kemampuan transformasi, keterampilan prosess, dan penulisan jawaban akhir antara ketiga kelompok tersebut.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustiani, N. (2021). Analyzing Students’ Errors in Solving Sequence and Series Application Problems Using Newman Procedure. International Journal on Emerging Mathematics Education, 5(1), 23. https://doi.org/10.12928/ijeme.v5i1.17377

Amelia, I., Anwar Hadi Firdos Santosa, C., Fatah, A., & Magister Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, P. (2023). Systematic literature review: Kemampuan literasi matematis ditinjau dari kemandirian belajar siswa. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika , 5(1), 31–43. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Tirtamath/index

Anggraini, L., Wulandari, S., & Nurmala, N. (2022). Errors of Class VIII Junior High School Students in Solving Mathematical Communication Problems Based on the Newman Procedure. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 3(2), 103–108. https://doi.org/10.37303/jelmar.v3i2.80

Bahiyyah, S. F., Indiati, I., & Sutrisno. (2021). Analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal literasi matematika berdasarkan metode newman ditinjau dari kemandirian belajar. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(3), 436–446.

Debi, S., Kadir, K., Masi, L., & Salim, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Amal Pendidikan, 2(2), 130. https://doi.org/10.36709/japend.v2i2.19563

Kurniasih, E., Raharjo, T. J., & Yuwono, A. (2024). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Berdasarkan Teori Newman pada Konten Change and Relationship Kelas V Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(01), 1137–1148.

Newman, B. M. (2024). Kesalahan peserta didik dalam mengerjakan soal matematika berdasarkan metode newman. 12(1).

Noviana, K. Y., & Murtiyasa, B. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity Pada Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 195. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.2830

Nuraini, F., Agustiani, N., & Mulyanti, Y. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMK. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3067–3082. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2672

Pranitasari, D., & Ratu, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pisa Pada Konten Change and Relationship. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1235. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.2685

Pribadi, M. H. P., Lestari, N. D. S., Oktavianingtyas, E., Kurniati, D., & Monalisa, L. A. (2023). Literasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2530–2542. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2232

Rahmayanti, E., Sukestiyarno, Y., & Zaenuri, Z. (2024). Analisis Literasi Matematika Soal Hots Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas X Sma. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 129–139. https://doi.org/10.24176/anargya.v6i2.12020

Rizky D, A. K. (2020). penelitian kualitatif. Jenis Kesimpulan Dan Saran Metode A, 3(5), 1–15.

Septiahani, A., Melisari, M., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 311–322. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.644

Stiadi, E., & Zainudin, M. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Terkait Komponen Proses Literasi Matematika PISA di SMP N 4 Kota Bengkulu. 10(2), 201–216. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE%0A201

Stocks, N. (2016). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI NUMERASI BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN’S ANALYSIS ERROR SERTA UPAYA PEMBERIAN SCAFFOLDING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 WONOSARI. 4(1), 1–23.

Umar, A., & Sartika, L. A. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research, 1(02), 98–108. https://doi.org/10.61683/jome.v1i02.64


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.