Analisis Kesalahan Peserta didik dalam Menyelesaikan Soal Pisa Pada Konsep Statistika Berdasarkan Prosedur Newman

Andi Kusumayanti, Amaliya Putri, Natasya Gita Afifah, Nur Insani, Rezkyana Putri, Satriani Satriani

Sari


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal PISA pada materi statistika menggunakan prosedur Newman. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan subjek 20 peserta didik kelas VIII MTsN Gowa. Dari populasi tersebut, dipilih 6 peserta didik sebagai subjek melalui teknik purpoisive saampling. Teknik pengumpulan melalui tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Instrumen penelitian berupa 10 soal tes matematika PISA. Hasil penelitian menunjukkan bahwaa: (1) Kesala.han membacaa terjadi karena kuranng teliiti dan fokus dalam membacaa soal; (2) Kesalahan memahamii disebab,kan oleh kurangnya pemahaman peserta didik terhadap soal; (3) Kesalahan transformasi terjadi karena peserta didik tidak bisa menentukan operasi atau rumus yang digunakan; (4) Kesalahan ketermpilan proses disebabkan karena peserta didik lupaa caraa mengerjakan soall atau salah menentukan rumus; dan (5) Kesalahan penulisan jawaban terjadi karena peserta didik tidak terbiasa menuliskan jawaban akhir (kesimpulan).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abu, M. S., & Abdullah, A. H. (2017). Inculcating higher-order thinking skills in mathematics : Why is it so hard ? INCULCATING HIGHER-ORDER THINKING SKILLS IN. July.

Amin Suyitno, H. S. (2015). Learning Therapy For Students In Mathematics Communication Correctly Based-On Application Of Newman Procedure (A Case Of Indonesian Student). International Journal of Education and Research, 3(1), 529–538.

Amiratus Sa’adah, Muhamad Ali Misri, D. (2019). Analisis Kesalahan Peserta didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika HOTS Bertipe PISA. Holistik : Journal For Nurjati Cirebon, November.

Arif Fatahillah, Y. F. W. N. T. . S. (2017). ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN BESERTA BENTUK SCAFFOLDING YANG DIBERIKAN Arif Fatahillah 1 , Yuli Fajar Wati N.T. 2 , Susanto 3.

Aterial, S. O. A. R. M. (2018). A NALISIS K ESALAHAN S ISWA B ERDASARKAN T AHAPAN N EWMAN. 7, 13–24.

Ayuni, N., Rachma, M., & Rosnawati, R. (2024). Analisis Kesalahan Peserta didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Menggunakan Tes Testlet. 12(2), 231–245.

Dede Pranitasari, N. R. (2020). Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika PISA pada konten Change and Relationship. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1235–1248.

Fazzilah, E., Nia, K., Effendi, S., & Marlina, R. (2020). ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL. 04(02), 1034–1043.

Ferwinda, E., Syahrilfuddin, S., & Noviana, E. (2019). Analisis Kesalahan Peserta didik Dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tipe Newman Pada Kelas Iv Sd Se-Gugus 1 Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(2), 282–288. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i2.6664

Fita, Y. A. (2016). Analisis kesalahan peserta didik kelas x dalam menyelesaikan soal logika matematika. Jurnal Penelitian Didaktik Matematika.

Haryanto, C., & Pujiastuti, E. (2021). Analisis Kesalahan Peserta didik dalam Menyelesaiakan Soal Open Ended Berdasarkan Prosedur Newman pada Pembelajaran Model Treffinger. 4, 103–110.

Jha, S. K. (2012). Mathematics performance of primary school students in Assam (India): an analysis using Newman procedure. International Journal of Computer Applications in Engineering Sciences, 2(1), 17–21. https://citeseerx.ist.psu.edu/document?repid=rep1&type=pdf&doi=eb023cb5138c413fa583485e3da1a86e8902c3df

Laeli, H. (2017). Deskripsi Kesalahan Peserta didik Kelas VII SMP N Kebasem Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat. 1–5.

Lestari, R. D., Nia, K., & Effendi, S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Peserta didik SMP Pada Materi Bangun Datar. 8(1), 63–73.

Magfirah, M., Maidiyah, E., & Suryawati, S. (2019). Analisis Kesalahan Peserta didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707

Mediyani, D., & Mahtuum, Z. A. (2020). Analisis kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal materi statistika pada peserta didik smp kelas viii 1,2. 3(4), 385–392. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.385-384

Nia, K., & Effendi, S. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Peserta didik SMP pada Soal Serupa PISA Konten Uncertainty and Data. 137–148.

Nufus, H., & Roza, Y. (2022). Analisis Kesalahan Peserta didik Berdasarkan Prosedur Newman dalam Menyelesaikan Soal Materi Himpunan Kelas VII MTs. 06(02), 1810–1817.

OECD. (2019). Programme For International Student Assesment (PISA) Result From PISA 2018. I.

Paladang, K. K., Indriani, S., & Dirgantoro, K. P. S. (2018). ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SLH MEDAN DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA MATERI FUNGSI DITINJAU DARI PROSEDUR NEWMAN [ ANALYZING STUDENTS ’ ERRORS IN SOLVING MATHEMATICS PROBLEMS IN FUNCTION TOPIC S BASED ON NEWMAN ’ S PROCEDURES IN GRADE 8 AT SLH MEDAN ]. 1(2), 93–103.

Prabawati, M., Herman, T., & Turmudi. (2019). Mathematical literacy skills students of the junior high school in term of gender differences. Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012084

Pratama, M. A. (n.d.). Mathematical critical thinking ability and students ’ confidence in mathematical literacy. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (SENATIK). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012028

Puji Rahayu, R. P. (2020). analisis kesalahan dalam materi statistika pada peserta didik smp kelas IX berdasarkan dari perspektif gender.

Purnomo, J. T., Hidayat, E., & Mulyani, E. (2022). Analisis Kesalahan Peserta didik dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Materi Statistika Berdasarkan Prosedur Newman. 1(4), 348–358.

Rani, A. M., & Taufiq, I. (2020). Analisis Kesalahan dalam Memecahkan Soal Matematika Materi Statistika. 4(1), 33–46.

Sumartini, T. S., & Safitri, L. (2022). Analisis Kesalahan Peserta didik SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Prosedur Newman. Prisma, 11(2), 302. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2193


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.