Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP IT Busyro Al Karim pada Materi Aritmatika Sosial

Alfiatussyifa Alfiatussyifa, Lin Mas Eva, Kasih Haryo Basuki

Sari


 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas VII pada materi aritmetika sosial. Metode yang digunakan adalah studi literatur untuk mengumpulkan data dari artikel-artikel terkait yang dipublikasikan antara tahun 2023 hingga 2024. Sebanyak 30 artikel terpilih dianalisis secara kualitatif untuk mengeksplorasi variasi pendekatan dan metode pembelajaran yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan yang berpusat pada siswa, seperti Cooperative Learning dan Problem-Based Learning, secara konsisten mendukung peningkatan signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya penerapan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan berbasis masalah dalam mengajar matematika di sekolah menengah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fatmawati, F., & Murtafiah. (2018). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Majene. JURNAL SAINTIFIK VOL.4 NO. 1, 63-73.

Hendra. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bangkinang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2, 29-41.

Yusanto, Y. (2019). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication, 1-13.

Suhendri, H., & Fadilah, I. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas V Pada Materi Kubus Dan Balok. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2), 161-183.

PAKPAHAN, E. N. (2022). Pengaruh Pembelajaran dengan Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Bilangan Pecahan di Kelas VII SMP Harvard School Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.