Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa SMKS Kharismawita 2 Jakarta

Aloysius Nong Susar, Ari Purwaningsih, Muchamad Ari Choirudin, Sarah Safira

Sari


Kemampuan pemecahan masalah matematika memiliki keterikatan dengan motivasi belajar, sehingga peran kedua aspek tersebut dapat membuat siswa mampu berpikir kritis dan mampu menyelesaikan segala masalah dalam soal maupun kehidupan sehari-harinya. Penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa menghadapi berbagai macam permasalahan matematika dalam menyelesaikan soal sesuai dengan indikator Polya. Subjek pada penelitian ini adalah 18 orang siswa kelas XI Jurusan Tata Boga SMKS Kharismawita 2 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan teknik non tes yaitu angket motivasi belajar, serta pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki motivasi tinggi menghasilkan kemampuan pemecahan masalah matematika yang baik dan siswa mampu memenuhi indikator pada teori Polya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agsya, F. M., Maimunah., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Mts. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(2), 31-44.

Aspriyani, R. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JPPM, 10(1), 17-23.

Davita, P. W. C., dan Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. KREANO: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110-117.

Ghifaria, S. S. A., dan Usdiyana, D. (2023). Hubungan Resiliensi Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 529-535.

Hidayatullah, N., Sinring, A., & Latif, S. (2023). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis, Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pinisi Journal Of Education, 3(2), 144-160.

Mulyanti, N. R., Yani, N., & Amelia, R. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematik Siswa Smp Pada Materi Teorema Phytagoras. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 415-426.

Nurkhalipah, R., & Ramlah. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Tahapan Polya Materi Segiempat Pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019.

Rosita, I., & Abadi, A. P. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019.

Septhiani, S. (2022). Analisis Hubungan Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3078-3086.

Tunu, D. J. I., Daniel, F., & Gella, N. J. M. (2022). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa ditinjau dari Gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1459-1510.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.