Penggunaan Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Siswa Dalam Pembelajaran Matematika di Kelas XI SMAS Pattimura Jakarta

Ahmad Sugiyarto, Syaiful Anwar

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran problem based learning terhadap siswa kelas XI SMAS Pattimura Jakarta. Adapun permasalah yang terjadi di sekolah tersebut adalah dalam hal materi kelas XI dalam metode problem based learning, model pembelajaran, maupun materi yang berhubungan dengan problem based learning. Bagaimana bentuk dan cara belajar, modul ajar yang dibuat oleh guru terhadap siswa, dan cara menyelesaikan suatu masalah yang berkaitan dengan pembelajaran matematika. Penelitian ini digunakan dalam penelitian Eksperimen Kualitatif, dimana bedasarkan Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, menggunakan pre test dan post test, wawancara, analisi dokumen kerja, serta dengan Uji N-Gain. Hasil dari pre test dan post test tidak memiliki perbedaan signifikan, dengan rata-rata nilai kelas sebesar 81,78 dan 82,09. Nilai tersebut dipengaruhi oleh konsep diri, minat, dan sikap siswa. dalam bentuk gambaran pendekatan terhadap pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga guru bisa memotivasi peserta didik untuk bisa memecahkan masalah dalam pembelajaran matematika dalam kehidupan sehari-hari

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


• Benjamin Aidoo, (2023). Teacher Educators Experience Adopting Problem-Based Learning in Science Education. Faculty of Education and Pedagogy, University of Iceland, 105 Reykjavik, Iceland Educ. Sci. 2023, 13(11), 1113; https://doi.org/10.3390/educsci13111113 .

• Iman Subasman, Dian Widiantari , Rusi Rusmiati Aliyyah. (2024 ). Dinamika Kolaborasi Dalam Pendidikan Karakter: Wawasan Dari Sekolah Dasar Tentang Keterlibatan Orang Tua Dan Guru. ournal on EducationVolume 06, No. 02, pp. 14983-14993E-ISSN: 2654-5497, P-ISSN: 2655-1365Website: http://jonedu.org/index.php/joe.

• Jesi Natalinda Gulo.(2024). Analisis Kesalahan Konsep Berdasarkan Gaya Belajar Pada Materi Operasi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan MatematikaP-ISSN: 2715-1646E-ISSN: 2826-5263. Universitas Nias Raya.

• Nasution, S. 2013. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

• Novita Syahputri,dkk, (2024). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatan Hasil dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa SMK. Journal on Education E-ISSN: 2654-5497, P-ISSN: 2655-1365 Website: http://jonedu.org/index.php/joe.

• Pratiwi, G. I., Nuriman, N., & Alfarisi, R. (2022). Korelasi antara Gaya Belajar dengan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Dabasah 3 Bondowoso. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 9(1), 41. https://doi.org/10.19184/jipsd.v9i1.29443

• Setiana. (2020 ). PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Vol. 1, No. 1. Universitas Islam Al-Ihya Kuningan.

• Usfandi Haryaka, Haslidia. (2019). Pengaruh Konsep Diri, Minat dan Sikap Ilmiah Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika, PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/ ISSN 2613-9189.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.