Meta analisis: Kemampuan Berpikir Kritis pada Implementasi Pendekatan Pembelajaran Problem Posing
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amalia, N., F., Aini, L., N., & Makmun, S. (2020). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika. Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 8(1); 97-107.
Anto, A., A., Akhdinirwanto, R., W., & Fatmaryanti, S., D. (2013). Pemanfaatan Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa DI SMP Negeri 27 Purworejo. Radiasi, 2(1); 4-6.
Agusta, E.S. (2020). Peningkatan Kemampuan Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. ALGORITMA Journal of Mathematics Education, 2(2); 146-165.
Faidah, S., Nafiah, Ibrahim, M., & Akhwani. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Problem Posing. JURNAL BASICEDU, 6(3); 3213 – 3221.
Haryani, D. (2011). Pembelajaran MMatematika Dengan Pemecahan Masalah Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 14 Mei 2011.
Husna, S., A., R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing terhadap KemampuanBerpikir Kritis Siswa Kelas XI OTKP di SMK Negeri 2 Tuban. Journal of Office Administration: Education and Practice,2(1); 40-50.
Juano, A., & Pardjono. (2016). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(1); 46-53.
Khoirunnisa, F. D., Junaedi, I., Kharisudin, I., Mariani, S., & Agoestanto, A. (2024). Meta analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada implementasi contextual teaching and learning (CTL). JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(2); 309-322.
Khoirunnisa, P., H., & Malasari, P., N. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari self confidence. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 7(1); 49-56.
Kurnia, T., S., Datumboyo, S., & Pary, C. (2023). Pembelajaran Model problem posing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2);170-178.
Lidiawati, K., R. & Aurelia, T. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Indonesia: Rendah atau Tinggi?. Buletin KPIN, 9(2). https://buletin.k-pin.org/index.php/arsip-artikel/1200-kemampuan-berpikir-kritis-siswa-di-indonesia-rendah-atau-tinggi
Mahmuzah, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang, 4(1); 64-72.
Mahmuzah, R., Ikhsan, M., & Yusrizal, (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Problem Posing. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2); 43-53.
Nababan, R., Irvan, & Azis, Z. (2021). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Problem Posing dan Discovery Learning. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 2(2); 1-10.
Nasrullah, A., & Marsigit, M. (2016). Keefektifan problem posing dan problem solving ditinjau dari ketercapaian kompetensi, metode, dan sikap matematis. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2); 123-135. DOI: http://dx.doi.org/10.21831/pg.v11i2.11180Permalink/
National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Nugraha, T., S., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Problem Posing dItinjau Dari Kemampuan Berpikir Logis Dan Kritis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1); 107-120
Nurfadilah, S., & Hakim, D., L. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019.
Oktaviani, F., Farhan, M., & Supandi, A. (2023). Pengaruh kemampuan metakognisi dan kreativitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(1), 69-80.
Rustina, R. (2016). Efektivitas penggunaan model pembelajaran problem posing terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa, Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 2(1); 41–48.
Sasmita, R., S., & Harjono, N. (2021). Efektivitas Model Problem based Learning dan Problem Posing dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(5); 3472 – 3481.
Shanti, W., N., Sholihah, D., A., & Abdullah, A., A. (2018). Pengaruh Pendekatan Problem Posing dan CTLTerhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMA, Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(2); 49-57.
Shanti, W., N., Sholihah, D., A., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Problem Posing. Literasi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1); 49-59. http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2017.8(1).48-58
Senjayawati, E. (2018). Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Edumath, 4(1); 58-64.
Sunaryo, P. R., Hutajulu, M., & Kadarisma, G. (2023). Systematic literature review: analisis kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran kontekstual. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6 (5), 1865-1872.
Suriasa. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Menggunakan LKS Berbasis Scientific Aproach Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 6(2); 190-204.
Wewe, W. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Dengan Poblem Posing Pada Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 3(1); 10-19.
Wulandari, W., & Wahyudi. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Probem Solving dan Problem Posing Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas 4. JSD: Jurnal Sekolah Dasar, 1(1); 1-10.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.